Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Bocoran Strategi MNC Bank (BABP) jadi Digital Bank

MNC Bank berkomitmen untuk melakukan pengembangan TI dalam mewujudkan ekosistem digital banking yang berorientasikan kebutuhan nasabah serta efisiensi proses perbankan.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 03 Maret 2021  |  14:41 WIB
Karyawan MNC Bank melayani nasabah - Istimewa
Karyawan MNC Bank melayani nasabah - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank MNC Internasional Tbk. (BABP) siap bertransformasi menjadi digital bank di tengah tren digitalisasi sektor perbankan.

Digitalisasi dalam dunia perbankan sendiri menjadi suatu hal yang tak lagi terbendungkan. Proses ini dipicu oleh kebutuhan masyarakat karena pembatasan sosial selama pandemi dan semakin menjadi kebutuhan utama.

Hal ini pun didukung oleh otoritas terkait percepatkan perkembangan digitalisasi Perbankan. Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo serta Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menegaskan bahwa BI maupun OJK mendukung dan mendorong perbankan melakukan digitalisasi sesuai kapasitas lembaganya masing-masing.

MNC Bank pun berkomitmen untuk melakukan pengembangan Teknologi Informasi (TI) dalam mewujudkan ekosistem digital banking yang berorientasikan kebutuhan nasabah serta efisiensi proses perbankan.

“Digitalisasi bagi MNC Bank merupakan alat utama untuk bersaing dan mengembangkan bisnisnya di industri perbankan. Saat ini proyek-proyek berbasis TI difokuskan untuk mendigitalisasi produk perbankan dan juga proses bisnis guna mencapai target pertumbuhan dan pelayanan terbaik bagi nasabah," kata IT Group Head MNC Bank Paulusman Wibowo lewat keterangan resmi yang diterima pada Rabu (3/3/2021).

Paulusman tersebut memiliki pengalaman ekstensif lebih dari dua dekade di bidang IT dan perbankan, sehingga dipercaya menjadi salah satu penggerak transformasi digital MNC Bank.

Paul selalu menanamkan pada jajarannya, bahwa TI bukan hanya sekedar menjadi fungsi support terhadap operasional Bank. Lebih dari itu, TI adalah komponen pemberdaya (enabler) dalam mendukung pencapaian kinerja perusahaan, termasuk dalam mewujudkan visi dan misi Bank.

Paul melanjutkan bahwa emiten dengan kode saham BABP tersebut mempunyai visi untuk menjadi bank masa depan yang berlandaskan teknologi terkini. Oleh karena itu, proses transformasi perseroan menuju digital banking berjalan dengan sangat terencana.

Transformasi tersebut dikawal dengan kebijakan, proses, dan prosedur manajemen risiko TI yang andal, serta didukung oleh para staf TI yang profesional.

Salah satu hasilnya yang dapat dirasakan langsung oleh nasabah adalah aplikasi integrated banking solution untuk smartphone bernama Motion yang diluncurkan pertengahan Agustus 2020.

Aplikasi yang dapat diunduh pada appstore maupun playstore tersebut, menawarkan berbagai kemudahan dalam bertransaksi sesuai kebutuhan nasabah.

Misalnya proses aktivasi yang cukup dilakukan dari smartphone saja, tanpa perlu ke cabang ataupun ATM terdekat. Selain itu, tampilan aplikasi yang intuitif serta panduan aktivasi Motion pada situs web mncbank.co.id yang ramah pengguna memudahkan nasabah paling awam sekalipun.

Sebagai integrated banking solution, baik nasabah yang mempunyai Kartu Debit MNC Bank maupun Kartu Kredit MNC Bank dapat menggunakan Motion untuk berbagai transaksi dan informasi mulai tabungan sampai kartu kredit.

Kenyamanan dalam bertransaksi juga didukung keamanan maksimal, berkat biometric login hingga mitigasi yang berlapis, sehingga transaksi senantiasa berjalan dengan aman, nyaman, di mana saja dan kapan saja.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank mnc internasional Digital Banking emiten bank
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top