Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ramadan dan Idulfitri 2021, BI Siapkan Rp152,14 Triliun untuk Penukaran Uang

Jumlah tersebut meningkat 39,33 persen jika dibandingkan realisasi tahun lalu yang sebesar Rp109,2 triliun.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 14 April 2021  |  11:49 WIB
Karyawati menunjukkan mata uang rupiah di salah satu kantor cabang PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. di Jakarta, Selasa (5/1/2021). Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawati menunjukkan mata uang rupiah di salah satu kantor cabang PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. di Jakarta, Selasa (5/1/2021). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memproyeksikan uang kartal yang dibutuhkan pada periode Ramadan dan Idulfitri tahun inimencapai Rp152,14 triliun.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim mengatakan jumlah tersebut meningkat 39,33 persen jika dibandingkan realisasi tahun lalu yang sebesar Rp109,2 triliun.

"BI menyiapkan uang kartal, baik uang kertas dan uang logam sebesar Rp152,14 triliun. Ini untuk didistribusikan di seluruh wilayah Indonesia,” katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu (14/4/2021).

Marlison menjelaskan, kenaikan proyeksi kebutuhan uang kartal di periode Ramadan dan Idulfitri di 2021 ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya BI telah memperhitungkan asumsi makroekonomi di mana kondisi ekonomi di Indonesia diperkirakan akan semakin baik ke depan.

“Kita memperhatikan kebijakan pemerintah khususnya realisasi percepatan bansos tunai menjelang Idulfitri. Kemudian kita lihat bagaimana kebijakan program vaksinasi yang mempengaruhi tingkat mobilitas masyarakat. Tingkat mobilitas makin tinggi maka kebutuhan uang kartal makin tinggi,” jelasnya.

Di samping itu, BI juga memperhatikan kebijakan pemerintah terkait dengan larangan mudik Lebaran meski ada pengecualian mudik lokal di wilayah tertentu.

Adapun uang kartal yang akan didistribusikan di antaranya sebanyak 90,07 persen uang pecahan besar atau uang Rp50 ribu dan Rp100 ribu. Sedangkan sisanya adalah uang Rp20 ribu ke bawah.

Kebutuhan uang kartal terbesar kata marlison diproyeksikan di pulau Jawa, yaitu lebih dari Rp60 triliun dari total uang kartal yang disediakan di periode Ramadan dan Idulfitri.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia uang Ramadan idulfitri
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top