BRI Ajak Pekerja Peduli Isu Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola

Sepanjang 2020 terhitung ada 17 penghargaan bergengsi dari dalam dan luar negeri yang diraih BRI karena dinilai berhasil menjaga komitmen penerapan kerja berbasis prinsip ESG.
Ilustrasi Gedung BRI/ dok. BRI
Ilustrasi Gedung BRI/ dok. BRI

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI berkomitmen untuk terus menciptakan value bagi seluruh pemangku kepentingan.

Salah satu upaya untuk mencapai hal tersebut yakni dengan penerapan praktik environmental, social and governance (ESG) atau biasa disebut lingkungan, sosial, dan tata kelola (LST) di seluruh aktivitas bisnisnya, termasuk pada seluruh pekerja BRI di seluruh Indonesia.

Mengutip Sustainability Report BRI 2020, perseroan terus meningkatkan kesadaran dan komitmen pekerjanya terhadap praktik LST melalui tiga cara. Pertama, BRI menggelar Sustainable Finance Award yang diberikan kepada pekerja yang paling inovatif dan mampu menciptakan serta melaksanakan kegiatan terkait keuangan berkelanjutan.

Kedua, perseroan menggelar festival governance, risk and compliance secara periodik sebagai bagian dari transformasi culture yang sedang berlangsung. Ketiga, BRI secara aktif menggelar pendidikan secara online atau ­e-learning melalui aplikasi BRISMART untuk meningkatkan kesadaran pekerja mengenai masalah dan risiko ESG.

Beberapa materi yang diajarkan diantaranya yakni strategi anti-fraud, anti-suap, anti-pencucian uang dan pendanaan terorisme, serta tata kelola teknologi informasi dan keamanan data.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto menyampaikan bahwa upaya perseroan tersebut merupakan bentuk komitmen BRI sebagai first mover on sustainable banking di Indonesia.

“Pengembangan kompetensi staf pada pemahaman kebijakan serta prosedur sosial dan lingkungan serta penerapannya dalam setiap kegiatan usaha yang dijalankan BRI merupakan salah satu faktor kunci dalam implementasi strategi keberlanjutan BRI,” ujarnya.

Upaya yang dilakukan oleh BRI pun membuahkan hasil. Sepanjang 2020 terhitung ada 17 penghargaan bergengsi dari dalam dan luar negeri yang diraih BRI karena dinilai berhasil menjaga komitmen penerapan kerja berbasis prinsip ESG.

Belasan penghargaan ini juga diterima BRI karena perusahaan mampu menjalani perannya sebagai lembaga keuangan untuk membentuk ekosistem keuangan berkelanjutan bagi masyarakat.

Beberapa apresiasi yang diterima BRI sepanjang tahun lalu terkait penerapan nilai-nilai ESG adalah penghargaan sebagai Best Issuer for Sustainable Finance dan Best Sustainability Bond dari The Asset Hongkong. Ada pula penghargaan Innovative Company For Embracing Strat-up Collaboration For Digital Ecosystem dari Digital Innovation Award 2020.

BRI juga masuk daftar Top 1000 World Banks: BRI ranked 1st in Indonesia rilisan The Banker. Tak hanya itu, perusahaan mendapat penghargaan sebagai BUMN dengan Penerapan GCG Terbaik dari BUMN Track, dan Keterbukaan ESG Emiten Sektor Perbankan Terbaik serta Keterbukaan ESG Bank Kategori Buku IV Terbaik dari Beritasatu.

Pada penghujung tahun lalu, BRI kembali mendapat penghargaan sebagai Bank Pendukung UMKM Terbaik (Bank BUKU 3 & 4) dan Bank Pengelola Kas Titipan Terbaik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) dari Bank Indonesia, serta masuk dalam daftar Forbes Best of The Best 50 High Performing Public Listed Company yang diterbitkan Forbes Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper