Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LPS Pertahankan Peringkat AAA dari Fitch dengan Outlook Stabil

Fitch menilai LPS mampu menjaga kondisi likuiditas tetap stabil di tengah tekanan kondisi sektor keuangan terutama perbankan akibat pandemi Covid-19.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 24 April 2021  |  16:15 WIB
Karyawan membersihkan logo Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Jakarta, Jumat (10/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Karyawan membersihkan logo Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Jakarta, Jumat (10/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga pemeringkat PT Fitch Rating Indonesia (Fitch) mempertahankan peringkat Lembaga Penjamin Simpanan, LPS, di peringkat 'AAA(idn)' dengan outlook stabil.

Fitch menilai LPS mampu menjaga kondisi likuiditas tetap stabil di tengah tekanan kondisi sektor keuangan terutama perbankan akibat pandemi Covid-19.

Dalam keterangan resminya, Fitch menyatakan proses penilaian menekankan pada prospek pertumbuhan aset LPS yang terus berkembang sejalan dengan masih tumbuhnya dana pihak ketiga di perbankan.

Selain itu, didukung oleh kewenangan LPS untuk dapat memperoleh dana dari sumber pendanaan lain.

Sumber pendanaan ini dapat berupa penjualan/repo surat berharga ke Bank Indonesia, pihak lain serta pinjaman dari Pemerintah.

Hal itu dapat dilakukan saat LPS diperkirakan akan mengalami kesulitan likuiditas dalam menjalankan fungsinya serta menjadi bagian dari upaya memelihara stabilitas sistem keuangan.

Selain itu, pihak Fitch menekankan bahwa LPS saat ini tidak memiliki kewajiban utang kepada pihak lain. Hal itu menjadikan LPS kuat dari aspek finansial dan dapat terus menjaga kepercayaan masyarakat khususnya bagi nasabah perbankan nasional.

“Pemberian rating tersebut menunjukkan keyakinan bahwa LPS mampu menjalankan fungsinya sebagai lembaga penjaminan dan resolusi bank termasuk turut serta menjaga stabilitas sistem keuangan bersama anggota Komite Stabilitas dan Sistem Keuangan (KSSK) lainnya yakni Kementerian Keuangan, OJK dan Bank Indonesia," kata Sekretaris LPS Dimas Yuliharto dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/4/2021).

Dia melanjutkan, apresiasi dari lembaga internasional terkemuka, seperti lembaga rating, terhadap kinerja LPS berperan penting untuk meningkatkan kepercayaan. Baik kepercayaan masyarakat maupun dunia internasional terhadap sektor keuangan nasional khususnya industri perbankan Indonesia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fitch ratings lps lembaga penjamin simpanan
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top