Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OJK Segera Terbitkan Cetak Biru SDM Bidang Jasa Keuangan

Kepala OJK Institute Agus Sugiarto mengatakan industri jasa keuangan saat ini menghadapi tantangan pengembangan SDM yang cukup berat.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 06 Mei 2021  |  15:26 WIB
Karyawan menjawab telepon di Call Center Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta, Senin (30/12/2019). Bisnis - Abdullah Azzam
Karyawan menjawab telepon di Call Center Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta, Senin (30/12/2019). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengklaim telah menyiapkan blue print pengembangan sumber daya manusia (SDM) industri keuangan nasional.

Kepala OJK Institute Agus Sugiarto mengatakan cetak biru ini sudah rampung dengan telah menyerap semua aspirasi dari akademisi dan pelaku bisnis. Dia melanjutkan, semua bahan dan rencana aksi pengembangan sumber daya manusia tersebut hanya tinggal menunggu pengesahan dan peluncuran.

"Cetak biru ini sudah selesai, kami tinggal meluncurkan. Hanya kami belum bisa membeberkannya sekarang," sebutnya, Kamis (6/5/2021).

Kendati demikian, Agus menyampaikan industri jasa keuangan saat ini menghadapi tantangan pengembangan SDM yang cukup berat.

Banyak bidang pekerjaan yang saat ini mulai hilang dengan implementasi digital yang sangat masif.

Pelaku industri jasa keuangan pun mulai banyak melakukan normalisasi jumlah sambil meningkatkan kapasitas dan kapabilitas SDM-nya.

"Bagaimana pun teknologi saat ini menggantikan peran manusia dengan big data, machine learning, blockchain, dan lain-lain," imbuhnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan OJK
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top