Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kembangkan MotionBanking, Ini Cara MNC Bank (BABP) Jaga Keamanan Data Nasabah

Dengan adanya izin digital onboarding, nasabah MNC Bank dapat membuka rekening simpanan secara online (digital), tanpa perlu ke cabang.
Peluncuran MotionBanking./Istimewa
Peluncuran MotionBanking./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - MotionBanking milik PT Bank MNC Internasional Tbk. (BABP) telah mendapatkan izin layanan digital onboarding dari OJK.

Dengan adanya izin tersebut, nasabah MNC Bank dapat membuka rekening simpanan secara online (digital), tanpa perlu ke cabang.

Dengan layanan pembukaan rekening secara digital, pertumbuhan MNC Bank tidak lagi bergantung pada kantor cabang fisik, sehingga layanan perbankan dapat diakses di manapun dan kapanpun juga.

MotionBanking (BABP) akan memungkinkan ratusan juta masyarakat Indonesia untuk mengakses layanan perbankan digital dan kemudahan membuka rekening simpanan tanpa perlu mengunjungi kantor cabang atau ATM.

Ke depan, MotionBanking juga akan meningkatkan layanannya untuk mengaktifkan fungsi e-money, e-wallet, transfer digital, poin loyalitas, dan QRIS, menyajikan pembayaran billing dan pembelian dalam aplikasi secara nyaman, serta menawarkan pelayanan perbankan digital yang lengkap bagi penggunanya.

Lalu, dengan pengembangan digital yang agresif, bagaimana MNC Bank menjaga keamanan data nasabah?

Dalam hasil paparan publik MNC Bank yang disampaikan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin (14/6/2021), perseroan menyampaikan keamanan adalah hal terpenting karena sebagaimana bank konvensional, digital banking pun berbasiskan kepercayaan.

"MNC Bank sudah menggunakan artificial intelligence dengan fitur liveness test dalam pembukaan rekening melalui MotionBanking yang dapat mendeteksi foto asli atau foto palsu dalam pembukaan rekeningnya," demikian pernyataan perseroan yang dikutip Bisnis.

Dari sisi pengembangannya, MNC Bank mengimplementasikan development security operation, di mana keamanaan menjadi bagian dari tahap pengembangan. Dengan demikian, pada setiap fase pengembangan, ada pengecekan keamanan dan tidak di akhir saja.

Sebelum diperkenalkan ke publik, lanjut manajemen BABP, MotionBanking dalam proses perizinannya juga melakukan security assesment dan security testing yang dilakukan auditor independepn untuk mendapatkan izin digital onboarding.

Terdapat juga infrastruktur keamanan 24/7 untuk mitigasi risiko keamanan. "Pada sisi nasabah, ada edukasi dan persyaratan versi minimal sistem operasi untuk dapat menggunakan MotionBanking agar terhindar dari kerentanan sistem operasi," jelas manajemen Bank MNC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper