Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Jadi House of Fintech, BRI Agro Gandeng Koinworks Perluas Pembiayaan

Kolaborasi antara BRI Agro dengan KoinWorks menjadi salah satu strategi BRI Agro sebagai House Of Fintech and Home of Gig Economy untuk memperluas akses permodalan, khususnya kepada masyarakat dari berbagai sektor bisnis.
Karyawati melayani nasabah di kantor cabang PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk. (BRI Agro), di Jakarta, Jumat (9/11/2018)./JIBI-Nurul Hidayat
Karyawati melayani nasabah di kantor cabang PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk. (BRI Agro), di Jakarta, Jumat (9/11/2018)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk. menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT. Lunaria Annua Teknologi KoinWorks. Hal ini dalam rangka menunjang pertumbuhan ekosistem digital sektor keuangan dan perbankan.

Direktur Retail Agri & Pendanaan BRI Agro Sigit Murtiyoso menyampaikan kolaborasi antara BRI Agro dengan KoinWorks menjadi salah satu strategi BRI Agro sebagai House Of Fintech and Home of Gig Economy untuk memperluas akses permodalan, khususnya kepada masyarakat dari berbagai sektor bisnis.

“Tujuan kami sebagai House of Fintech and Home for Gig Economy karena kami ingin melayani pekerja sektor informal atau yang disebut Gig Economy Workers termasuk UMKM. Caranya adalah kolaborasi dengan fintech untuk dapat menghasilkan data yang akurat untuk digital lending,” ungkap Sigit, Minggu (20/6/2021).

Sigit melanjutkan kerja sama dengan fintech lending merupakan langkah BRI Agro dalam menjadi House Of Fintech di mana saat ini fintech dan perbankan dapat saling berkolaborasi dalam membantu pertumbuhan ekonomi nasional. Kerja sama yang telah dilakukan BRI Agro selama ini dengan beberapa fintech pun telah menunjukkan hasil yang positif.

“Hingga Mei 2021 kami telah menyalurkan sebesar Rp348 milar melalui platform digital. Untuk itu BRI Agro terus memperluas jangkauan kerja sama termasuk dengan KoinWorks. Kami memilih fintech untuk mengembangkan bisnis untuk menjadi digital attacker sesuai dengan aspirasi BRI Group,” ungkap Sigit.

BRI Agro akan menyalurkan kredit melalui digital platform dengan perannya sebagai pendana melalui penandatanganan kerja sama dengan KoinWorks. Dia optimis kerja sama dengan KoinWorks akan memberikan kontribusi bagi para masyarakat serta para pelaku Gig Economy.

"Karena pelaku Gig Economy ini adalah salah satu pilar pertumbuhan pemulihan ekonomi di Indonesia. Selain itu juga Gig Economy workers adalah perwujudan UMKM baru yang penyaluran kreditnya dilakukan secara digital berbasis data,” jelas Sigit.

CEO KoinWorks Benedicto Haryono mengatakan perusahaan menyambut inisiatif yang dijalankan BRI Agro dengan full support karena sesuai dengan misi kami yaitu memberikan demokrasi layanan keuangan kepada semua lapisan masyarakat.

"Bersama-sama kami membuka peluang yang lebih besar kepada pelaku Gig Economy, karena kami sudah membantu ratusan ribu Gig Economy yang bangkit dan berkembang 300-400% dengan akses finansial yang tepat. Maka dari itu kami mengajak masyarakat Gig Economy untuk bisa ikut berpartisipasi bersama dengan KoinWorks dan BRI Agro."

Dia melanjutkan, KoinWorks telah berkecimpung di dunia digital UKM sejak 2016 sehingga bisnis tersebut dapat dikatakan sebagai DNA Koinworks. Menurutnya, track record pinjaman yang diberikan juga sangat baik dengan tingkat gagal bayar yang rendah (NPL<1.5%) untuk layanan pinjaman bisnis tanpa agunan, KoinBisnis yang diperkuat Credit Assessment Machine Learning berbasis Real Data Integration bekerja sama dengan berbagai platform di Indonesia.

Adapun, perjanjian kerja sama ini dilaksanakan secara online dan ditandatangani oleh Sigit Murtiyoso selaku Direktur Retail Agri & Pendanaan BRI Agro dan Benedicto Haryono selaku CEO dan Co-Founder KoinWorks.

Penandatanganan ini juga dihadiri oleh Kaspar Situmorang selaku Direktur Utama BRI Agro dan Bhimo Wikan Hantoro selaku Direktur Digital Bisnis BRI Agro, Mark Bruny selaku CFO KoinWorks dan Jonatan Bryan selaku CMO KoinWorks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper