Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNI (BBNI) Beri Fasilitas Pembiayaan bagi UMKM Sahabat Ansor Buka Pertashop

BNI memberikan program khusus pembiayaan Pertashop yang mudah, cepat, dan murah yang diharapkan dapat mempercepat terwujudnya program Pertamina one village one outlet di 83.000 desa dengan SPBU Mini Pertamina.
Gedung BNI/Istimewa
Gedung BNI/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) mendorong inklusi keuangan serta pembiayaan bagi UMKM Organisasi Masyarakat Sahabat Ansor melalui sinergi antara BNI dengan Pemerintah, dan BUMN sektor energi.

BNI memberikan program khusus pembiayaan Pertashop yang mudah, cepat, dan murah yang diharapkan dapat mempercepat terwujudnya program Pertamina one village one outlet di 83.000 desa dengan SPBU Mini Pertamina.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengungkapkan UMKM merupakan segmen usaha terdepan dalam penciptaan lapangan kerja bagi Indonesia.

Melalui program Pertashop, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat terutama bantuan permodalan BNI untuk UMKM binaan Anshor, baik itu melalui pembukaan minat usaha Pertashop maupun usaha produktif lainnya.

“Di sini BNI berperan sebagai lembaga penyaluran pembiayaan dan transaksi keuangan untuk memberikan pembiayaan dengan bunga murah dan tentunya kompetitif. Lalu melalui akuisisi outlet Pertashop dan UMKM Sahabat Ansor menjadi BNI Agen46,” ungkap Royke dalam siaran pers BNI, Kamis (12/8/2021)

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyampaikan baru sekitar 43 persen kecamatan di seluruh Indonesia yang memiliki lembaga penyalur BBM, sehingga masih ada sekitar 57 persen yang belum memiliki lembaga penyalur BBM resmi di wilayahnya masing-masing tersebut.

“Pertamina sebagai BUMN memiliki tanggung jawab menyediakan energi di seluruh Tanah Air. Bukan hanya ketersediaan, tetapi juga aksesibilitas dan affordability, sehingga masyarakat Indonesia dengan mudah dan terjangkau memperoleh BBM, LPG dan gas dengan harga yang sama di penjuru tanah air,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto menambahkan keberadaan Pertashop mampu menyediakan energi sampai ke tingkat desa dan meningkatkan perekonomian serta peningkatan akses masyarakat ke perbankan melalui pemanfaatan BNI Agen46.

BNI sebagai salah satu perbankan milik negara telah menyiapkan beragam skema pembiayaan seperti KUR maupun kredit komersial lain bagi UMKM khususnya Sahabat Ansor yang membutuhkan tambahan pembiayaan dalam pembentukan Pertashop. Dengan skema KUR yang mudah dan murah, BNI mendukung perluasan pembentukan Pertashop di seluruh Indonesia.

“UMKM yang menjadi pengusaha Pertashop akan memiliki kesempatan yang lebih luas untuk menjalankan potensi usaha lain seperti membuka minimarket, toko desa, dan potensi-potensi lainnya salah satunya menjadi BNI Agen 46,” tutur Sis Apik.

Menteri BUMN Erick Thohir menuturkan, GP Ansor memiliki 7 juta kader dengan mayoritas yang masih berada di level ekonomi menengah ke bawah dan masih sedikit yang berjiwa kewirausahaan.

“Ini harus kita bantu, peluang bisnis Pertashop Insya Allah bisa diakses oleh GP Ansor untuk bagaimana sumber pembiayaan dan training-training untuk dapat diupayakan agar bisa naik kelas. Saya mendukung penuh acara kolaborasi ini,” papar Erick dalam siaran pers BNI, Kamis (12/8/2021).

Erick menambahkan bahwa kolaborasi BNI dengan GP Ansor ini akan melengkapi kolaborasi lainnya yang telah dilaksanakan sebelumnya dengan PT Pos Indonesia pada 30 Juni 2021. Kerjasama dengan Pos Indonesia juga dilakukan untuk mendampingi Kader GP Ansor agar dapat mengembangkan diri sebagai wirausaha dan memiliki akses permodalan.

Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan program Pertashop akan menghadirkan energi besar terutama dalam mendukung program-program pemerintah dan untuk skala lebih luas, mampu mewujudkan cita-cita kebangsaan yaitu masyarakat sejahtera, adil dan makmur.

“Semoga kader-kader GP Ansor menjadi bagian dari keadilan dan kemakmuran tersebut dan harus memaksimalkan program Pertashop yang telah diberikan melalui arahan Pertamina dan BNI,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper