Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pintek Targetkan Penyaluran Pinjaman UKM Pendidikan Rp700 Miliar

PT Pinduit Teknologi Indonesia (Pintek) meluncurkan kampanye #PintekSobatUKM untuk edukasi dan peningkatan literasi kemudahan permodalan kepada UKM Pendidikan.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 26 Agustus 2021  |  17:03 WIB
Ilustrasi solusi teknologi finansial - flickr
Ilustrasi solusi teknologi finansial - flickr

Bisnis.com, JAKARTA - Penyelenggara fintech peer-to-peer (P2P) lending sektor pendidikan PT Pinduit Teknologi Indonesia (Pintek) meluncurkan kampanye #PintekSobatUKM untuk edukasi dan peningkatan literasi kemudahan permodalan kepada UKM pendidikan. Hingga akhir tahun ini, perseroan menargetkan penyaluran pinjaman dapat mencapai Rp700 miliar. 

Tommy Yuwono, Co-Founder dan Direktur Utama Pintek mengatakan kampanye ini hadir terutama melihat pentingnya kontribusi yang dilakukan UKM sektor pendidikan dalam pengadaan barang sesuai kebutuhan sekolah untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, namun kerap terhalang kebutuhan pinjaman modal usaha. 

"Permodalan mereka sangat penting dalam menunjang penerapan teknologi pada sekolah-sekolah di Indonesia. Karena biasanya barang harus siap terlebih dahulu sebelum sekolah melakukan pembayaran. Jadi jika UKM Indonesia tidak ada dukungan pendanaan yang cukup, pengadaan sarana dan prasarana teknologi untuk sekolah bisa terhambat," jelasnya dalam keterangan resmi, Kamis (26/8/2021).

Sejak awal tahun 2021, Pintek pun memfokuskan strategi bisnisnya untuk pendanaan bagi UKM Pendidikan. Hal ini menilik hasil riset Pintek di bulan Juli 2021 pada lebih dari 80 UKM Pendidikan, ada sekitar 69 persen UKM Pendidikan membiayai usahanya mengandalkan pendanaan pribadi untuk modal dan operasional perusahaannya.

Selain itu, dari 80 lebih UKM Pendidikan, 57 persen mengatakan memiliki kesulitan dalam mendapatkan pendanaan selama dua tahun terakhir setidaknya 1-2 kali.

"Oleh karena itu, pertumbuhan UKM Pendidikan sangat perlu didukung dengan akses pendanaan yang mudah, cepat, dan terjangkau. Maka inovasi Pintek dalam pendanaan sangat mengedepankan kebutuhan pihak UKM Pendidikan. Harapannya, dengan program #PintekSobatUKM, lebih banyak UKM yang dapat memanfaatkan layanan ini sehingga pendidikan Indonesia bisa semakin maju," tambah Tommy.

Rangkaian kegiatan kampanye ini akan dilakukan mulai dari bulan Agustus 2021 dengan diisi beberapa aktivitas dari Pintek, antara lain webinar edukasi mengenai peluang bisnis, potensi bisnis di sektor pendidikan, dan hal-hal berkaitan lain dengan menggandeng pakar di bidangnya.

Selain itu, akan banyak kegiatan dengan hadiah menarik yang akan diadakan media sosial Pintek (@Pintek.biz) selama kampanye #PintekSobatUKM ini berlangsung.

"Target kami pada tahun ini mencapai Rp700 miliar penyaluran untuk UKM Pendidikan. Diharapkan #PintekSobatUKM dapat menjadi kontribusi nyata dari Pintek untuk menjadi solusi pendanaan yang sesuai dengan kebutuhan UKM Pendidikan dalam mendukung pendidikan di Indonesia," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ukm pinjaman fintech
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top