Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUPSLB Bank Sumut Tunjuk Rahmat Fadillah Pohan sebagai Dirut Baru

Rahmat terpilih untuk masa jabatan 2021 hingga 2025, menggantikan Muchammad Budi Utomo, yang meninggal pada 15 April 2021
Rahmat Fadillah Pohan, Direktur Utama Bank Sumut yang baru (batik biru), usai RUPSLB Bank Sumut/Istimewa
Rahmat Fadillah Pohan, Direktur Utama Bank Sumut yang baru (batik biru), usai RUPSLB Bank Sumut/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPLSB) Bank Sumut yang digelar pada Jumat (10/9/2021) menetapkan Rahmat Fadillah Pohan sebagai direktur utama.

Rahmat terpilih untuk masa jabatan 2021 hingga 2025, menggantikan Muchammad Budi Utomo, yang meninggal pada 15 April 2021.

RUPSLB tersebut dihadiri secara langsung oleh Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah, Walikota Medan yang dihadiri Wakil Walikota Medan Aulia Rachman, Walikota Binjai Amir Hamzah, Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu, Walikota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan, Bupati Deli Serdang yang diwakili Kepala BPKAD Deli Serdang, jajaran Dewan Komisaris dan Direksi Bank Sumut.

Sementara, pemegang saham dari kabupaten dan kota lainnya mengikuti secara virtual. RUPSLB Bank Sumut tersebut juga mengesahkan beberapa agenda rapat lainnya, di antaranya pembayaran laba ditahan tahun buku 2019 dan tahun buku 2020 Bank Sumut. Lalu persetujuan untuk penerbitan saham seri B maksimal 30 persen dan menjadi PT Bank Sumut Terbuka (Tbk).

Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah menjelaskan terpilihnya Rahmat sebagai Direktur Utama Bank Sumut merupakan hasil keputusan pemegang saham setelah sebelumnya melalui RUPSLB 7 Mei 2021 telah diusulkan dua calon, yaitu Direktur Operasional Rahmat Fadillah Pohan dan Komisaris Independen Brata Kesuma untuk mengikuti proses uji kepatutan dan kelayakan di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Musa berharap dengan terpilihnya Direktur Utama Bank Sumut yang baru, kinerja perseroan akan semakin meningkat. “Dirut yang baru tentunya diharapkan dapat memberikan keuntungan dalam menjalankan bisnis perbankan agar dapat memberikan PAD daerah, dirut juga harus mampu membentuk tim yang solid agar menimbulkan kepercayaan di masyarakat” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (10/9/2021).

Dia juga menjelaskan, terkait jabatan Direktur Operasional Bank Sumut yang lowong, maka akan dibuka lowongan untuk jabatan tersebut yang terbuka baik secara eksternal maupun internal.

“Berdasarkan ketentuan OJK, jabatan Direktur Operasional akan diganti menjadi Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi,” jelas Musa.

Pemegang saham dalam RUPSLB tersebut juga menetapkan perubahan susunan Dewan Komisaris Bank Sumut yaitu perubahan Komisaris Utama Bank Sumut.

Dirut Bank Sumut terpilih Rahmat Fadillah Pohan menjelaskan, fokus utama nantinya setelah terpilih sebagai direktur utama adalah meningkatkan digitalisasi memberikan nilai tambah untuk perseroan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper