Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI Insurance Sediakan Proteksi Bagi 8,5 Juta Mitra Bukalapak

Mitra Bukalapak dapat memproteksi asetnya dengan murah dan klaim yang cepat melalui Asuransi Kebakaran. Selain itu, Mitra Bukalapak dapat memperoleh source of income baru dengan menjadi pemasar dalam menjual produk asuransi mikro Kerusakan Tempat Usaha dan asuransi mikro Rumahku milik Brins.
CEO BRI Insurance Fankar Umran (tengah) menunjukkan lembaran kerja sama antara BRI Insurance dan Bukalapak, Rabu (15/9/2021).
CEO BRI Insurance Fankar Umran (tengah) menunjukkan lembaran kerja sama antara BRI Insurance dan Bukalapak, Rabu (15/9/2021).

Bisnis.com, JAKARTA - PT BRI Asuransi Indonesia (BRI Insurance) berkolaborasi dengan Bukalapak untuk menyediakan proteksi bagi mitra UMKM marketplace itu yang saat ini mencapai 8,5 juta mitra.

CEO BRI Insurance, Fankar Umran mengatakan bahwa kerja sama ini strategis karena merupakan kerjasama antar 2 institusi yang memiliki visi sama untuk memajukan UMKM.

“Brins sebagai bagian dari BRI Group dengan segudang pengalaman menggarap potensi UMKM, berkolaborasi dengan Bukalapak dengan berbagai inovasi dan juga sebagai salah satu gamechanger dalam lanskap perekonomian nasional,” ujarnya, Rabu (15/9/2021).

Dia juga menyoroti masih minimnya pembicaraan atau diskusi soal proteksi atau asuransi untuk UMKM. Padahal, proteksi adalah bagian penting dari ekosistem untuk kemajuan UMKM, dan selama ini pembicaraan seputar UMKM lebih banyak menyoroti soal pembiayaan, kebijakan pendukung, pengembangan kapasitas usaha, dan lain sebagainya. 

“Peran asuransi adalah sebagai salah satu stakeholder pendukung ketahanan UMKM. Fungsinya, ketika terjadi suatu risiko, maka asuransi meng-absorb risiko itu. Inilah yang jarang dibicarakan,” kata Fankar. 

Setelah melantai di bursa dan menjadi perusahaan publik pada Juli lalu, Bukalapak terus mencari dan membuka peluang untuk bersama-sama berkolaborasi memajukan UMKM dan kerja sama dengan BRINS merupakan salah satu realisasi dari inisiatif strategis Bukalapak. 

"Saya pikir ini merupakan kerjasama historis untuk bersama memajukan UMKM, saat ini Bukalapak memiliki 8,5 juta Mitra UMKM, dan banyak yang masih belum sadar pentingnya asuransi. Produk Brins terjangkau untuk mitra Bukalapak. Kami harap ini hanya awal dari kerja sama panjang kita kedepan, juga bisa belajar dari Brins yang sudah berpengalaman di segmentasi mikro UMKM selama puluhan tahun.” jelas President BukaFinancial & Digital Bukalapak Victor Putra Lesmana. 

Dia melanjutkan, selain dapat memproteksi asetnya dengan murah dan klaim yang cepat melalui Asuransi Kebakaran, Mitra Bukalapak juga memungkinkan untuk mendapatkan source of income baru dengan menjadi pemasar dalam menjual produk asuransi mikro Kerusakan Tempat Usaha dan asuransi mikro Rumahku milik Brins.

Baik Fankar dan Victor sepakat bahwa kolaborasi Brins dan Bukalapak merupakan awal dari kerjasama jangka panjang dalam mendorong UMKM secara lebih luas melalui pembinaan, pembiayaan dan proteksi sekaligus untuk meningkatkan sustainability para pelaku UMKM demi memperkuat pergerakan ekonomi nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper