Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MNC Bank (BABP) Kolaborasi dengan AWS, Percepat Transformasi MotionBanking

PT Bank MNC Internasional Tbk. (BABP) berkolaborasi dengan dengan Amazon Web Services (AWS), sebuah perusahaan Amazon.com, Inc., sebagai penyedia cloud terkemuka global. 
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 27 September 2021  |  11:37 WIB
MotionBanking MNC Bank - Istimewa
MotionBanking MNC Bank - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank MNC Internasional Tbk. (BABP) berkolaborasi dengan dengan Amazon Web Services (AWS), sebuah perusahaan Amazon.com, Inc., sebagai penyedia cloud terkemuka global. 

Kolaborasi ini guna mempercepat peluncuran aplikasi perbankan digital milik MNC Bank yang dinamakan MotionBanking.

Dengan adanya kolaborasi dengan AWS, BABP akan menggunakan kapabilitas cloud AWS yang komprehensif, termasuk infrastruktur AWS Asia Pacific (Jakarta) Region yang segera hadir, untuk menjalankan core banking secara aman di cloud, menskalakan mengikuti permintaan nasabah, dan berinovasi menghadirkan layanan keuangan secara cepat.

Misalnya, BABP berencana membangun gudang data cloud memanfaatkan layanan analitik data AWS untuk menganalisis ratusan juta titik data konsumen secara bersamaan, seperti empat FTA TV MNC Media yang menguasai 54% pangsa pasar, 10 juta pelanggan DTH, televisi berbayar, dan broadband, 286 juta follower media sosial, 100 juta monthly active user (MAU) dari layanan streaming OTT dan super apps, 75 juta pembaca portal online, 2,7 juta pengguna platform e-commerce MNC Group, dan lebih banyak lagi di seluruh unit usahanya.

Analisis ini akan memberikan BABP wawasan mengenai nasabahnya, seperti pola dan tren perilaku, yang memungkinkan MotionBanking untuk menyediakan layanan dan produk keuangan yang disesuaikan, untuk meningkatkan keterlibatan dan pengalaman perbankan digital.

"Dengan bantuan kapabilitas lanjutan yang ditawarkan AWS, termasuk analitik dan machine learning, kami berharap bisa memahami konsumen kami, memprediksi tren dan preferensi masa depan, dan menyelesaikan berbagai tantangan keuangan," ujar CTO MotionBanking Parman Suparman dalam keterangan resmi pada Senin (27/9/2021).

Ia pun menambahkan AWS Asia Pacific (Jakarta) Region yang segera dibuka akan memainkan peranan penting dalam menyediakan keamanan tertinggi dengan latensi yang rendah, yang merupakan hal terpenting bagi industri jasa keuangan.

Country Manager Indonesia, AWS Gunawan Susanto mengatakan AWS menyediakan berbagai pemain bisnis terbesar di Indonesia kapabilitas cloud yang aman, tangguh, dan berstandar global yang dibutuhkan untuk mentransformasi pengalaman pelanggan secara total.

MNC Group memanfaatkan portfolio layanan cloud AWS untuk mengubah bisnis media dan layanan keuangan, menjawab perilaku dan ekspektasi pelanggan yang berubah-ubah dengan cepat.

"Investasi kami yang berkesinambungan bagi Indonesia dan AWS Asia Pacific (Jakarta) Region yang baru akan mempercepat transformasi digital dan mendorong berkembangnya pelaku usaha lokal serta seluruh negeri," tutup Gunawan.

Adapun MNC Bank memperoleh izin Digital Onboarding oleh OJK pada 27 Mei 2021. Setelah itu pada 3 Juni 2021 MNC Bank memperkenalkan MotionBanking Digital Ecosystem yang mengimplementasikan Open API System, memungkinkannya untuk terhubung dengan ekosistem pihak eksternal.

Pada 29 Juni 2021, Motionbanking menjalin kerjasama dengan Atome dan Kredit Pintar dalam mengembangkan pinjaman digital dengan Kredit Pintar, produk “buy now pay later” melalui Atome, penilaian kredit berbasis AI, dan menanggung pinjaman digital berisiko lebih rendah.

Dan pada 7 Juli 2021, Motion banking bekerjasama dengan Jasa Marga Related Business, kerjasama bisnis yang meliputi layanan perbankan digital dan pengembangan ekosistem cashless. Setelah itu 15 Juli 2021, MotionBanking bekerjasama dengan Visa menghadirkan kartu kredit virtual pertama di Indonesia dengan Visa.

Pada 23 Juli 2021, MotionBanking menjalin kemitraan strategis dengan XL Axiata, setelah itu pada 27 Juli 2021 MotionBanking bermitra dengan Mastercard untuk merilis MotionMastercard, satu set kartu debit dan kartu kredit virtual, pengganti kartu plastik yang dapat digunakan secara digital untuk untuk pembayaran online, di bawah jaringan pembayaran Mastercard.

Pada 28 Juli 2021 MotionBanking menerapkan Full biometric onboarding dengan Artificial Intelligence (AI) sehingga pengguna baru MotionBanking dapat membuka akun hanya dengan selfie dan beberapa klarifikasi data menghilangkan verifikasi video call seperti yang dilakukan sebelumnya melalui agen KYC.

Dan pada 18 Agustus 2021 MotionInsure dan MotionBanking sedang mengembangkan bancaassurance, suatu konsep penjualan produk insurtech dari MotionInsure dalam aplikasi MotionBanking, menawarkan solusi satu atap kepada nasabah untuk rangkaian lengkap produk dan layanan perbankan dan insurtech.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amazon mnc bank
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top