Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menuju Netral Emisi Karbon 2050, AXA Mandiri dan AXA Tanam Bibit Bakau

AXA Mandiri dan AXA berkolaborasi dengan lembaga nirlaba Lindungi Hutan, menanam 500 bibit bakau.
Karyawan melayani nasabah AXA Mandiri di  Jakarta, Rabu (3/1/2021). Bisnis/Abdurachman
Karyawan melayani nasabah AXA Mandiri di Jakarta, Rabu (3/1/2021). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA -- AXA Mandiri dan AXA berkomitmen mengintegrasikan fokus bisnis perlindungannya secara komprehensif melalui inisiatif yang mendukung konservasi lingkungan dan keberlanjutan, melalui penanaman bibit bakau di kawasan utara Kota Jakarta.

AXA Mandiri dan AXA berkolaborasi dengan lembaga nirlaba Lindungi Hutan, menanam 500 bibit bakau sebagai upaya perusahaan mendukung pengurangan emisi karbon dan memperkuat area hutan Kota Jakarta, sehingga dampak perubahan iklim dapat dikendalikan dengan lebih baik.

“Misi perusahaan bertindak demi kemajuan insan manusia dan melindungi yang terpenting bagi mereka menjadi pendorong bagi AXA Mandiri dan AXA untuk berkontribusi dalam melindungi lingkungan. Kami bangga atas partisipasi dan kepedulian karyawan kami dalam melestarikan lingkungan melalui penanaman bibit bakau. Hal ini amat penting dalam menurunkan emisi karbon dan menciptakan keseimbangan ekosistem,” ujar Country CEO AXA Indonesia, Komisaris PT AXA Mandiri Financial Services, Presiden Komisaris PT Mandiri AXA General Insurance Julien Steimer melalui siaran pers, Kamis (7/10/2021).

Center for International Forestry Research (CIFOR) menyebutkan, Indonesia yang memiliki sekitar 3 juta hektare hutan bakau atau mangrove, mewakili 20 persen hutan bakau dunia dan mampu menyimpan 5 kali karbon lebih banyak per hektare dibandingkan dengan hutan tropis dataran tinggi. Hal ini membuat Indonesia menjadi kunci pelestarian alam tidak hanya untuk Indonesia saja, tetapi juga dunia.

Oleh karena itu, sejak 2020, Pemerintah Indonesia telah menyusun dokumen Long-term Strategy on Low Carbon and Climate Resilience 2050 (LTS-LCCR 2050) guna menuju netral emisi karbon di 2050 agar tujuan keberlanjutan dapat tercapai di masa depan.

Presiden Direktur PT AXA Mandiri Financial Services Handojo G. Kusuma, Presiden Direktur PT AXA Financial Indonesia Niharika Yadav, Presiden Direktur PT Mandiri AXA General Insurance Enny, dan Presiden Direktur PT Architas Asset Management Edhi S. Widjojo juga turut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman 500 bibit bakau sebagai wujud komitmen setiap entitas bisnis AXA di Indonesia atas pelestarian lingkungan.

Ketua Yayasan Lindungi Hutan Miftachurrobani menyambut positif upaya AXA Mandiri dan AXA dalam menjaga, merawat, dan melestarikan alam untuk masa depan.

“Kami mengapresiasi manajemen dan karyawan AXA Mandiri dan AXA yang telah bertindak sebagai agen perubahan untuk lingkungan yang lebih baik dan berkelanjutan. Harapan kami upaya ini dapat menginspirasi pelaku bisnis lainnya untuk melakukan hal yang sama guna menyelamatkan bumi kita,” kata Miftachurrobani.

Kegiatan ini merupakan puncak dari serangkaian kegiatan AXA Week for Good, yang merupakan inisiatif global tahunan yang melibatkan partisipasi sukarela karyawan dari setiap entitas bisnis AXA di seluruh dunia untuk mengintegrasikan tanggung jawab perusahaan (CSR) ke dalam strategi bisnis.

AXA Week for Good di Indonesia telah dimulai sejak 21 September hingga 4 Oktober 2021, melalui beberapa seri webinar, yaitu Berkebun Pangan dari Rumah, Peluang ESG di Masa New Normal, dan Bikin Sabun Organik dari Jelantah di Rumah yang diikuti oleh ratusan karyawan AXA Mandiri dan AXA.

Selain itu, ada juga aksi pilah zampah dari rumah bersama Let’s Do It! World (LDIW) dalam inisiatif #WorldCleanUpDay atau Hari Bersih-bersih Sedunia, sebuah gerakan sosial yang bertujuan mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk memiliki kesadaran memilah dan mendaur ulang barang yang sudah tidak digunakan dimulai dari rumah sendiri.

Dalam aksi ini, para karyawan memilah barang berupa pakaian bekas, perangkat elektronik, dan perabot rumah tangga yang kemudian disalurkan kepada LDIW untuk didaur ulang dan dijual dimana hasilnya didonasikan untuk kegiatan pelestarian lingkungan. Karyawan AXA Mandiri dan AXA juga diajak untuk mengikuti sorting waste challenge di media sosial agar bisa menginspirasi teman dan keluarga mereka untuk mulai memilah dan mendaur ulang sampah dari rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper