Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Minggu Kedua Oktober, Aliran Modal Asing Masuk RI Rp5,05 Triliun

BI mencatat nonresiden di pasar keuangan domestik beli neto di pasar SBN sebesar Rp1,78 triliun dan beli neto di pasar saham sebesar Rp3,26 triliun.
Ilustrasi Dolar AS/Reuters
Ilustrasi Dolar AS/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing yang masuk ke pasar keuangan domestik pada minggu kedua Oktober 2021 mencapai Rp5,05 triliun.

"Berdasarkan data transaksi 11-14 Oktober 2021, nonresiden di pasar keuangan domestik beli neto Rp5,05 triliun," tulis Kepala Grup Departemen Komunikasi, Muhamad Nur, dalam siaran resmi, Jumat (15/10/2021).

Secara rinci, BI mencatat nonresiden di pasar keuangan domestik beli neto di pasar SBN sebesar Rp1,78 triliun dan beli neto di pasar saham sebesar Rp3,26 triliun.

Selain itu, BI turut mencatat aliran modal yang masuk ke pasar keuangan mencapai Rp0,80 triliun sepanjang tahun 2021 (year-to-date/ytd).

Selanjutnya, premi risiko investasi atau premi credit default swap (CDS) Indonesia 5 tahun meningkat ke level 90,44 bps per 14 Oktober 2021, dari 86,02 bps per 8 Oktober 2021.

Terkait dengan pergerakan rupiah, BI mencatat rupiah dibuka menguat pada level (bid) Rp14.070 per dolar Amerika Serikat (AS), Jumat (15/10/2021). Pada saat yang sama imbal hasil (yield) SBN tenor 10 tahun turun ke level 6,18 persen.

Muhamad menyampaikan bahwa BI akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu.

"Serta langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper