Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Upaya BTN (BBTN) Dorong Ekonomi Berkelanjutan

Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara, BTN memiliki tanggung jawab untuk berperan serta secara aktif dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat bagi masyarakat melalui kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 25 Oktober 2021  |  10:36 WIB
Karyawati PT Bank Tabungan Negara memberikan penjelasan mengenai produk perbankan kepada nasabah di Jakarta, Senin (8/1). Bisnis - Dedi Gunawan
Karyawati PT Bank Tabungan Negara memberikan penjelasan mengenai produk perbankan kepada nasabah di Jakarta, Senin (8/1). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) mendorong pembangunan ekonomi berkelanjutan di berbagai daerah dengan menerapkan konsep profit, people, dan planet.

Dalam menerapkan konsep tersebut, Bank BTN bekerja sama dengan pemerintah daerah Kabupaten Banyuwangi melakukan penanaman 10.000 mangrove, pelepasan 1.000 tukik, bantuan sarana prasarana UMKM serta pelatihan untuk para pelaku UMKM di daerah Banyuwangi, khususnya di destinasi wisata Pantai Cemara.

Direktur Compliance and Legal Bank BTN Eko Waluyo mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai dukungan dalam mempertahankan kontribusi biologis dan melindungi ekosistem, 

“Guna mendukung ketahanan lingkungan yang merupakan salah satu konsep pembangunan berkelanjutan, dan mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah [UMKM] yang merupakan salah satu penggerak perekonomian di Indonesia,” kata Eko dalam keterangan tertulis pada Jumat (22/10/2021).

Eko menuturkan, perseroan tidak hanya memikirkan mengenai bagaimana mengembangkan bisnis dari sisi keuntungan atau profit semata, melainkan juga mengembangkan potensi sumber daya manusia di sekitar tempat usaha. Dengan demikian, bisa menjadi pusat unggulan di lingkungan sekitarnya.

Eko mengungkapkan, pembangunan yang berkelanjutan dan keterkaitan antara lingkungan dan ekonomi telah menjadi konsep yang penting bagi pengambil keputusan di Indonesia.

Salah satu tujuan penerapan pembangunan berkelanjutan, yaitu dengan mengurangi kesenjangan sosial, mengurangi dan mencegah kerusakan lingkungan hidup, menjaga keanekaragaman hayati, dan mendorong efisiensi pemanfaatan energi dan sumber daya alam.

“Bank BTN sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara memiliki tanggung jawab untuk berperan serta secara aktif dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat bagi masyarakat melalui kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan,” tuturnya.

Eko berharap dengan adanya kegiatan tersebut, dapat terus menjaga keberlangsungan keseimbangan lingkungan, serta dapat mendorong bergeraknya perekonomian dan pariwisata di kawasan Pantai Cemara.

“Tentunya kami harapkan tidak berakhir sampai di sini. Kedepannya, Bank BTN sebagai Badan Usaha Milik Negara yang merupakan agen pembangunan tentunya dapat mendukung program-program pemerintah daerah Banyuwangi melalui produk-produk perbankan yang menyeluruh yang dimiliki oleh Bank BTN,” ungkapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

btn berkelanjutan
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top