Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kembangkan Bank Digital, BNI (BBNI) Gandeng Sea Ltd.? Begini Jawaban Manajemen

Rencana BNI untuk mengakuisisi bank akan mencakup sejumlah pihak, yaitu pihak yang punya ekosistem, pemilik bank, dan partner baru di bidang teknologi, serta BNI sebagai entitas yang akan menjadi pemegang kendali.
Gedung BNI/Istimewa
Gedung BNI/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) dikabarkan menggandeng induk e-commerce Shopee, Sea Ltd., sebagai mitra dalam proses pengembangan bisnis bank digital.

Sebelumnya, BNI telah menyampaikan bahwa perseroan sudah menyiapkan mitra untuk bisnis bank digital. BBNI menggulirkan rencana mengambil alih bank BUKU 2 untuk dikembangkan sebagai bank digital, sesuai dengan pengembangan terkini di bisnis perbankan.

"Partnernya Sea Ltd," demikian informasi dari sumber Bisnis pada Senin (1/11/2021).

Bisnis pun mencoba mengonfirmasi informasi tersebut kepada Direktur IT & Operasi BNI Y. B. Hariantono. Dia tidak membantah maupun mengiyakan, melainkan hanya menyampaikan belum bisa mengungkapkan nama mitra yang dipilih.

"Mohon maaf, pada saat ini kami belum bisa disclose nama," ujarnya.

Hariantono mengatakan pada waktunya nanti, perseroan akan segera menginformasikan nama mitra BNI untuk mengembangkan bisnis bank digital.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar menyatakan bank digital yang akan diadopsi oleh perseroan dipastikan memiliki fundamental kuat. Dia pun memastikan BNI tidak akan membakar uang dalam kesempatan tersebut.

“Kami tidak akan burn money pada kesempatan ini, tapi kami akan tunjukan bahwa kami sangat kuat di dalam bisnis modelnya,” ujarnya.

Royke percaya dengan memiliki anak perusahaan bank digital akan membawa BNI ke tingkat layanan perbankan yang lebih tinggi, sekaligus meningkatkan return on asset (ROA) perseroan.

Saat ini, katanya, perseroan memiliki rasio kecukupan modal yang kuat sehingga dapat leluasa dalam menjalankan ekspansi. “Rencana akuisisi bank tidak akan berdampak signifikan terhadap permodalan BNI," katanya.

Dia menjabarkan rencana akuisisi bank akan mencakup sejumlah pihak, yaitu pihak yang punya ekosistem, pemilik bank, dan partner baru di bidang teknologi, serta BNI sebagai entitas yang akan menjadi pemegang kendali yang sudah berpengalaman di bisnis bank.

Adapun, Sea Group merupakan pemegang saham pengendali PT Bank Kesejahteraan Ekonomi, yang kini bersalin nama menjadi Seabank, melalui PT Koin Investama Nusantara.

Selain itu, Sea Group sebelumnya dikabarkan bakal mengakuisisi bank kecil lainnya. Beberapa nama yang pernah dikabarkan bakal dicaplok Sea Group yaitu PT Bank Aladin Syariah Tbk. (BANK) dan PT Bank Bumi Arta Tbk. (BNBA).

Pihak Bank Bumi Arta telah menyatakan tidak menahu mengenai kabar tersebut dan menyampaikan bahwa perseroan membuka semua opsi untuk mendukung kinerja ke depan.

Sementara, terkait dengan kabar mendekati Bank Aladin, Sea Group membantah dan menegaskan pihaknya maupun anak usaha, yaitu Shopee, tidak sedang dalam penjajakan dengan bank dengan kode emiten BANK tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper