Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PNM Siap Lunasi Obligasi yang Segera Jatuh Tempo Rp904,8 Miliar

PNM memiliki beberapa opsi untuk melakukan pembayaran obligasi tersebut.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 24 November 2021  |  14:01 WIB
PNM Siap Lunasi Obligasi yang Segera Jatuh Tempo Rp904,8 Miliar
Kantor PNM - pnm.co.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Permodalan Nasional Madani menyatakan kesiapan dana untuk melunasi pokok Obligasi Berkelanjutan III PNM Tahap IV Tahun 2020 Seri A sebesar Rp904,8 miliar.

Obligasi tersebut akan jatuh tempo pada 14 Desember 2021. PNM memiliki beberapa opsi untuk melakukan pembayaran obligasi tersebut.

Hal itu disampaikan manajemen perseroan dalam laporan kesiapan dana jatuh tempo obligasi PT PNM, kepada Bursa pada Selasa (23/11/2021).

Manajemen menjelaskan perusahaan memiliki kebijakan likuiditas yang salah satu fungsinya adalah untuk mengatur ketersediaan dana guna pemenuhan kewajiban perusahaan. Perusahaan harus menjaga saldo minimal dana cadangan primer untuk kebutuhan jangka pendek (dalam 5 hari ke depan), dan harus menjaga saldo minimal dana cadangan sekunder untuk kebutuhan 6 sampai dengan 30 hari ke depan.

Sementara posisi kas dan setara kas perusahaan per 31 Oktober 2021 sekitar Rp3 triliun. "Perusahaan menyediakan dana dan melakukan penempatan atas dana untuk pembayaran pokok obligasi dimaksud yang terdapat dalam arus kas perusahaan," tulis manajemen dikutip dari keterbukaan informasi BEI, Rabu (24/11/2021).

Selain itu, perusahaan memenuhi kebutuhan dananya melalui 3 alternatif pendanaan, yaitu melalui penarikan fasilitas perbankan, penerbitan surat utang (MTN/Sukuk) atau penerbitan efek bersifat hutang (obligasi).

Manajemen menyebut perusahaan per akhir 31 Oktober 2021 masih memiliki kelonggaran tarik fasilitas perbankan dan pasar modal senilai total Rp5,81 triliun yang berasal dari sejumlah bank BUMN, BPD, dan swasta, serta sisa emisi Obligasi PUB Sukuk Berkelanjutan I PNM.

"Berdasarkan hal tersebut di atas, perusahaan memiliki beberapa opsi untuk melakukan pembayaran obligasi dimaksud," terang manajemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pnm obligasi jatuh tempo
Editor : Azizah Nur Alfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top