Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PNM Siap Lunasi Obligasi yang Segera Jatuh Tempo Rp904,8 Miliar

PNM memiliki beberapa opsi untuk melakukan pembayaran obligasi tersebut.
Kantor PNM/pnm.co.id
Kantor PNM/pnm.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT Permodalan Nasional Madani menyatakan kesiapan dana untuk melunasi pokok Obligasi Berkelanjutan III PNM Tahap IV Tahun 2020 Seri A sebesar Rp904,8 miliar.

Obligasi tersebut akan jatuh tempo pada 14 Desember 2021. PNM memiliki beberapa opsi untuk melakukan pembayaran obligasi tersebut.

Hal itu disampaikan manajemen perseroan dalam laporan kesiapan dana jatuh tempo obligasi PT PNM, kepada Bursa pada Selasa (23/11/2021).

Manajemen menjelaskan perusahaan memiliki kebijakan likuiditas yang salah satu fungsinya adalah untuk mengatur ketersediaan dana guna pemenuhan kewajiban perusahaan. Perusahaan harus menjaga saldo minimal dana cadangan primer untuk kebutuhan jangka pendek (dalam 5 hari ke depan), dan harus menjaga saldo minimal dana cadangan sekunder untuk kebutuhan 6 sampai dengan 30 hari ke depan.

Sementara posisi kas dan setara kas perusahaan per 31 Oktober 2021 sekitar Rp3 triliun. "Perusahaan menyediakan dana dan melakukan penempatan atas dana untuk pembayaran pokok obligasi dimaksud yang terdapat dalam arus kas perusahaan," tulis manajemen dikutip dari keterbukaan informasi BEI, Rabu (24/11/2021).

Selain itu, perusahaan memenuhi kebutuhan dananya melalui 3 alternatif pendanaan, yaitu melalui penarikan fasilitas perbankan, penerbitan surat utang (MTN/Sukuk) atau penerbitan efek bersifat hutang (obligasi).

Manajemen menyebut perusahaan per akhir 31 Oktober 2021 masih memiliki kelonggaran tarik fasilitas perbankan dan pasar modal senilai total Rp5,81 triliun yang berasal dari sejumlah bank BUMN, BPD, dan swasta, serta sisa emisi Obligasi PUB Sukuk Berkelanjutan I PNM.

"Berdasarkan hal tersebut di atas, perusahaan memiliki beberapa opsi untuk melakukan pembayaran obligasi dimaksud," terang manajemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper