Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wapres Ma'ruf Amin Sebut Digitalisasi Ciptakan Peluang Industri Syariah

Digitalisasi dapat memaksa pelaku ekonomi dan keuangan syariah untuk lebih kompetitif dalam menyediakan produk dan layanan terbaik.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 01 Desember 2021  |  20:43 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan pada acara Bedah Buku
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan pada acara Bedah Buku "Darul Misaq: Indonesia Negara Kesepakatan", secara daring dari Jakarta, Senin (7/6/2021)./Antara - Asdep KIP Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan transformasi digital perbankan saat ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan keuangan syariah di Indonesia.

Wapres mengatakan bahwa di era transformasi digital, perubahan perlu dilakukan oleh para pelaku ekonomi dan keuangan syariah untuk lebih kompetitif.

“Oleh karena itu, digitalisasi yang terintegrasi dalam sebuah ekosistem perlu terus dikembangkan untuk menjaga keberlangsungan pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah,” ujarnya dalam webinar, Rabu (1/12/2021).

Menurutnya, digitalisasi ekonomi akan menciptakan peluang besar bagi industri keuangan syariah. Hal itu dapat terwujud jika fenomena digitalisasi dapat memaksa pelaku ekonomi dan keuangan syariah untuk lebih kompetitif dalam menyediakan produk dan layanan terbaik.

Sebelumnya, dalam rapat pleno Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Ma'ruf Amin bercita-cita menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia.

Untuk mencapai tujuan itu, pemerintah menyiapkan empat program, yaitu pengembangan industri halal, pengembangan industri keuangan, dana sosial dan perluasan usaha syariah.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyampaikan bahwa bank sentral telah menyiapkan langkah-langkah dalam mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Salah satunya adalah pengembangan ekonomi syariah di kluster-kluster komunitas, masyarakat atau pondok pesantren yang terhubung dengan sektor industri. Dalam hal ini, BI akan fokus mengembangkan makanan halal dan busana muslim.

Selain itu, BI juga telah mengadakan pameran busana muslim untuk menampilkan produksi UMKM Indonesia. Ke depan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian Perdagangan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

keuangan syariah wapres ma'ruf amin
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top