Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Tips Jitu agar Bisa Beli Rumah saat Usia Muda, Gen-Z Wajib Tahu!

Dear Gen-Z, berikut 4 tips jitu yang bisa kamu terapkan agar bisa membali rumah saat usia muda seperti dikutip dari The Nest, Senin (6/12/2021).
Ilustrasi investasi properti dan real estat/Freepik
Ilustrasi investasi properti dan real estat/Freepik

Bisnis.com, Jakarta - Memiliki rumah di usia muda merupakan resolusi atau target finansial yang ingin dicapai banyak orang. Buat para Gen-Z, berikut 4 tips jitu agar bisa beli rumah saat usia muda.

Selain termasuk dalam kategori kebutuhan primer, rumah juga bisa dijadikan sebagai aset investasi. Sayangnya, harga tanah dan rumah sangat mahal dan selalu naik setiap tahunnya.

Tingginya harga tanah dan rumah bahkan melebihi kenaikan pendapatan sebagian karyawan yang baru saja meniti karier. Namun, jangan khawatir. Semua orang sebenarnya bisa memiliki rumah di usia muda, termasuk kamu.

Berikut 4 tips jitu yang bisa kamu terapkan agar bisa membali rumah saat usia muda seperti dikutip dari The Nest, Senin (6/12/2021).

1. Menabung

Cobalah untuk menabung setidaknya 20-40 persen dari total penghasilan bulanan kamu untuk simpanan membeli rumah. Jika tabungan kamu sudah mencukupi untuk harga ruma, kamu bisa membeli tunai.

Jika uang tabungan masih sedikit, kamu dapat memilih metode cicilan atau kredit kepemilikan rumah (KPR). Pasang target menabung setidaknya untuk membayar uang muka DP sebesar 20 persen - 30 persen dari harga rumah serta biaya di luar KPR.

2. Kerja Sampingan 

Apakah total gaji kamu hanya cukup untuk biaya hidup? Jika jawabannya iya, kamu sebaiknya mencari pekerjaan sampingan untuk mendapat penghasilan tambahan.

Salah satu cara paling mudah mencari side hustle adalah dengan menjadi pekerja lepas (freelancer). Selain mendapat uang tambahan, kamu juga dapat menekuni profesi sampingan tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama kamu.

Cobalah untuk menekuni pekerjaan sampingan dengan profit atau penghasilan yang tinggi dan bisa kamu kerjakan saat kamu memiliki waktu luang diluar jam berkerja utama kamu.

3. Pilih KPR

Salah satu cara mudah lainnya agar segera memiliki rumah di usia muda, yakni jeli dalam memilih KPR. Pastikan kamu menjatuhkan pilihan dengan angsuran yang ringan dan KPR dengan tenor yang sesuai dengan penghasilanmu.

Perlu diingat, pastikan nilai utang tidak lebih dari 30 persen Selain itu, pastikan juga kalau KPR tersebut juga menerapkan bunga paling rendah agar tidak terlalu pengeluaran bulanan.


4. Sesuai Budget

Pilih rumah yang terdaftar dengan harga yang mampu kamu beli. Jika kamu ingin meningkatkan peluang untuk mendapatkan kemudahan membayar, pastikan harganya cukup terjangkau. Baik dengan jumlah uang muka yang kamu miliki atau penghasilan bulanan.

Gunakan kalkulator KPR yang disediakan oleh beberapa bank atau aplikasi untuk memastikan rasio utang pembelian rumah dengan jumlah pengeluaran kamu. Selamat berburu rumah, Sobat Bisnis!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper