Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Mantap! BI Luncurkan Rupiah Digital Tahun Depan

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan pihaknya siap luncurkan Rupiah Digital tahun depan.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 24 Desember 2021  |  16:48 WIB
Mantap! BI Luncurkan Rupiah Digital Tahun Depan
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (18/8 - 2020), Dok. Bank Indonesia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) siap meluncurkan Central Bank Digital Currency (CBDC) atau yang disebut dengan Rupiah Digital pada tahun depan.

Pengumuman tersebut disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam webinar Outlook Perekonomian Jakarta 2022 : Herd immunity & Pemulihan Ekonomi, Jumat (24/12/2021).

Perry mengatakan rupiah digital saat ini tengah dalam tahap finalisasi. BI akan segera mengumumkan konsep dan desain dari Rupiah Digital pada 2022 mendatang.

“Kami dalam proses untuk penerbitan Rupiah Digital, Insyaallah pada 2022 kami akan luncurkan, kami akan umumkan konseptual desainnya, sekarang dalam tahap finalisasi,” katanya, Jumat (24/12/2021).

Perry mengatakan penerbitan Rupiah Digital tersebut juga merupakan komitmen BI dalam Presidensi G20 Indonesia, yang mana pembahasan CBDC menjadi salah satu fokus utama.

Sebelumnya, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo menyampaikan bahwa tidak hanya Indonesia, berbagai negara saat ini aktif mengembangkan digital currency meski dengan pendekatan yang bervariasi, tergantung pada kondisi yang dihadapi di masing-masing negara,.

Dody menjelaskan, CBDC atau Rupiah Digital nantinya akan memudahkan transaksi masyarakat di tengah perkembangan digitalisasi yang semakin marak.

Dengan adanya Rupiah digital, masyarakat akan memiliki preferensi untuk melakukan pembayaran secara non tunai atau cashless.

“Rupiah digital akan meningkatkan efisiensi dari sisi transaksi pembayaran dapat dilakukan lebih cepat, murah dan aman yang pada akhirnya akan membawa dampak yang positif bagi pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia Rupiah digital
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top