Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Kalbar Pangkas Suku Bunga Dasar Kredit Korporasi hingga KPR. Cek Rinciannya

Bank Kalbar menetapkan suku bunga dasar kredit (prime lending rate) untuk periode Desember 2021. 
Kantor Bank Kalbar/Bank Kalbar
Kantor Bank Kalbar/Bank Kalbar

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat memangkas suku bunga dasar kredit (prime lending rate) untuk segmen bisnis kredit korporasi, mikro, dan KPR.

Berdasarkan pengumuman SBDK yang dipublikasikan pada hari ini (7/1/2021), Bank Kalbar menetapkan suku bunga dasar kredit (prime lending rate) untuk periode Desember 2021. 

SBDK untuk segmen bisnis kredit korporasi ditetapkan sebesar 6,80 persen. Selanjutnya, SBDK kredit ritel sebesar 11,00 persen dan kredit mikro 11,03 persen. Berikutnya, SBDK untuk kredit konsumsi yakni KPR ditetapkan sebesar 10,16 persen dan non KPR 9,87 persen.

SBDK untuk kredit korporasi, mikro, dan KPR tercatat turun dari yang berlaku sebelumnya yakni periode September 2021. Bunga dasar kredit untuk segmen korporasi sebelumnya ditetapkan 8,67 persen, kredit mikro 11,25 persen dan KPR 10,39 persen.

Adapun SBDK kredit konsumsi non KPR tidak mengalami perubahan dari yang berlaku sebelumnya. Sedangkan bunga dasar kredit untuk kredit ritel sebelumnya sebesar 10,78 persen.

Sebagai informasi, SBDK digunakan sebagai dasar penetapan suku bunga kredit yang akan dikenakan oleh Bank kepada nasabah. SBDK belum memperhitungkan komponen estimasi premi risiko yang besarnya tergantung dari penilaian Bank terhadap risiko masing-masing debitur atau kelompok debitur. Dengan demikian, besarnya suku bunga kredit yang dikenakan kepada debitur belum tentu sama dengan SBDK.

Dalam kredit konsumsi non KPR tidak termasuk penyaluran dana melalui kartu kredit dan kredit tanpa agunan (KTA). Informasi SBDK yang berlaku setiap saat dapat dilihat pada publikasi di setiap kantor Bank atau website Bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper