Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Askrida Peroleh Peringkat idA dari Pefindo

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat idA kepada PT Asuransi Bangun Askrida (Askrida) dengan prospek stabil.
Askrida./JIBI
Askrida./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat idA kepada PT Asuransi Bangun Askrida (Askrida) dengan prospek stabil. 

Pefindo menyatakan perusahaan asuransi dengan peringkat idA memiliki karakteristik keamanan keuangan yang kuat relatif terhadap perusahaan lainnya di Indonesia, tetapi mungkin akan terpengaruh oleh perubahan kondisi bisnis yang merugikan dibandingkan perusahaan asuransi lain dengan peringkat yang lebih tinggi.

"Peringkat tersebut mencerminkan sinergi kuat yang dijalin Askrida dengan pemegang saham, profil permodalan yang kuat dan likuiditas yang di atas rata-rata. Namun, peringkat tersebut dibatasi oleh kinerja operasi perusahaan yang sederhana karena loss ratio yang tinggi, serta persaingan yang ketat di pasar asuransi umum noncaptive," ujar Analis Pefindo Hanif Pradipta dan Danan Dito melalui siaran pers, dikutip Selasa (25/1/2022).

Kedua analis menuturkan bahwa peringkat dapat dinaikkan jika Pefindo melihat perbaikan yang signifikan dan berkelanjutan pada posisi bisnis perusahaan, yang juga harus diiringi dengan penguatan pada profil keuangan perusahaan. 

Sementara itu, peringkat dapat diturunkan jika posisi bisnis perusahaan di pasar captive melemah secara signifikan, atau bila perusahaan mengalami penurunan yang cukup besar pada posisi permodalan atau kinerja operasionalnya.

Adapun, Askrida merupakan perusahaan asuransi umum dengan fokus pada pasar captive asuransi kredit untuk bank pembangunan daerah (BPD). Perusahaan juga menawarkan berbagai produk asuransi umum lain seperti properti, kendaraan bermotor, surety bond, kecelakaan diri, kargo, dan lainnya. 

Pemegang saham Askrida terdiri atas 51 entitas, termasuk beberapa BPD, dana pensiun BPD, yayasan karyawan BPD, dan pemerintah daerah (Pemda). Tiga pemegang saham terbesarnya per 30 September 2021 adalah Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (16,5 persen), Dana Pensiun PT BPD Jawa Barat Banten (13,8 persen), dan PT BPD Jawa Barat dan Banten Tbk. (10,2 persen).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper