Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BNI (BBNI) Bakal Terbitkan Green Bond pada Tahun Ini

Aksi korporasi penerbitan green bond atau obligasi hijau sejalan dengan langkah BNI sebagai salah satu pelopor green banking di Indonesia.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 26 Januari 2022  |  15:30 WIB
Kantor BNI - Istimewa
Kantor BNI - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) berencana akan melakukan penerbitan green bond di tahun ini. Aksi korporasi ini sejalan dengan langkah BNI sebagai salah satu pelopor green banking di Indonesia.

Direktur Manajemen Risiko BNI David Pirzada mengatakan penerbitan green bond dilakukan untuk memperkuat keuangan berkelanjutan perseroan.

“Tentunya penggunaan akan tetap pada segmen-segmen yang ekosistemnya telah dibina dan dibangun oleh BNI sejauh ini,” ujar David dalam paparan Kinerja BNI Laporan Keuangan 2021 secara virtual, Rabu (26/1/2022).

Selain segmen kecil, lanjut David, BNI juga sudah banyak membangun kapabilitas mitra, sekaligus pelaku dalam hal pengelolaan energi baru terbarukan, penanganan polusi, serta pengelolaan limbah air.

David mengatakan, juga terdapat kemungkinan akan disalurkan kepada segmen korporasi yang masuk ke dalam sektor taksonomi hijau

“Namun untuk nilai dan tanggal efektif, penerbitan green bond masih belum dapat kami paparkan sekarang,” terangnya.

Adapun, dalam menyalurkan pembiayaan ke segmen hijau, BNI mencatatkan portofolio hijau yang positif, yakni senilai Rp172,4 triliun atau 29,6 persen dari total portofolio kredit BNI.

David menyatakan, pembiayaan hijau tersebut utamanya diberikan untuk kebutuhan pengembangan ekonomi sosial masyarakat melalui pembiayaan segmen kecil dengan total portofolio mencapai Rp117 triliun.

Adapun, selebihnya digunakan untuk kebutuhan pembangunan ekosistem lingkungan hijau, energi baru terbarukan, serta pengelolaan polusi, dan pengelolaan limbah.

“Kinerja pembiayaan hijau yang positif serta didukung kepedulian sosial dan lingkungan yang tinggi, serta praktik Tata Kelola Perusahaan yang unggul, mendorong peningkatan rating ESG BNI dari MSCI menjadi A sejak November 2021. Rating A saat ini menjadi yang tertinggi di antara perbankan Indonesia, sekaligus menegaskan posisi BNI sebagai pionir dalam implementasi keuangan berkelanjutan,” imbuhnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Obligasi bni bank negara indonesia green bond
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top