Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Asuransi Sinar Mas Peroleh Peringkat idAA+ dari Pefindo

Peringkat tersebut mencerminkan posisi bisnis yang sangat kuat di industri asuransi umum, jaringan distribusi yang luas dan sistem IT yang diperkuat, profil likuiditas dan kualitas aset yang sangat kuat, dan profil permodalan dan cadangan perusahaan yang sangat kuat.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 06 Februari 2022  |  17:23 WIB
Asuransi Sinar Mas Peroleh Peringkat idAA+ dari Pefindo
Karyawati melayani nasabah, di kantor PT Asuransi Sinar Mas, Jakarta, Selasa (6/11/2018). - JIBI/Dwi Prasetya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat idAA+ terhadap PT Asuransi Sinar Mas dengan prospek stabil.

Pefindo menyatakan, perusahaan asuransi dengan peringkat idAA memiliki karakteristik keamanan keuangan yang sangat kuat dibandingkan perusahaan lainnya di Indonesia, dengan hanya sedikit perbedaan dibandingkan peringkat yang lebih tinggi. Tanda tambah (+) menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif kuat dan di atas rata-rata kategori yang bersangkutan.

"Peringkat tersebut mencerminkan posisi bisnis yang sangat kuat di industri asuransi umum, jaringan distribusi yang luas dan sistem IT yang diperkuat, profil likuiditas dan kualitas aset yang sangat kuat, dan profil permodalan dan cadangan perusahaan yang sangat kuat. Peringkat tersebut dibatasi oleh kinerja operasional yang moderat," tulis analis Pefindo Danan Dito dan Hasnalia Hanifah melalui siaran pers, dikutip, Minggu (6/2/2022).

Kedua analis mengatakan, peringkat dapat dinaikkan jika perusahaan dapat meningkatkan posisi bisnisnya di industri asuransi umum dan asuransi jiwa secara signifikan dan berkelanjutan, yang juga diikuti oleh peningkatan kinerja operasional secara berkelanjutan.

Sementara itu, peringkat dapat berada dalam tekanan jika ada indikator keuangan Asuransi Sinar Mas yang menurun secara substansial karena melemahnya posisi bisnis atau hasil underwriting.

Berdiri sejak 1984, Asuransi Sinar Mas merupakan perusahaan asuransi umum yang menyediakan produk dengan cakupan yang luas, dengan lini bisnis utama di asuransi kebakaran, kendaraan, dan kesehatan. Per kuartal III/2021, Asuransi Sinar Mas dimiliki oleh Grup Sinar Mas melalui induk usaha jasa keuangannya, PT Sinar Mas Multiartha Tbk sebesar 99,999 persen dan PT Sinar Mas Multifinance sebesar 0,001 persen.

Pada 2020, Asuransi Sinar Mas mendirikan PT Sinarmas Penjaminan Kredit dengan kepemilikan 75 persen, di samping anak perusahaan PT Asuransi Simas Jiwa (99,9 persen), PT Reasuransi Nusantara Makmur (99 persen), dan Sinar Mas Insurance SA, Timor Leste (82,9 persen).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pefindo peringkat utang asuransi sinar mas
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top