Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DJSN Pastikan Dana JHT di BPJS Ketenagakerjaan Dikelola dengan Aman

Dana JHT yang dihimpun oleh BPJS Ketenagakerjaan dikelola secara hati-hati dengan menempatkannya pada sejumlah instrumen investasi.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 16 Februari 2022  |  10:59 WIB
DJSN Pastikan Dana JHT di BPJS Ketenagakerjaan Dikelola dengan Aman
Tangkapan layar petisi online yang menolak Permenaker No 2 Tahun 2022 yang mengatur Jaminan Hari Tua (JHT) hanya bisa dicairkan setelah usia 56 tahun - Change.org
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) memastikan dana jaminan hari tua (JHT) dikelola dengan aman oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Anggota DJSN Iene Muliati mengklaim bahwa kondisi keuangan dana JHT berada dalam kondisi solven, artinya masih dapat menutupi kewajiban-kewajiban atau klaim yang perlu dibayarkan.

"Masyarakat ini gelisah uangnya di kemanakan. Sebetulnya uang mereka ada. Tinggal cek aplikasi Jamsostek Mobile untuk JHT tertera berapa uang mereka," ujar Iene dalam media visit di Bisnis Indonesia, secara virtual, Selasa (15/2/2022).

Ia juga memastikan dana JHT yang dihimpun oleh BPJS Ketenagakerjaan dikelola dengan aman. Dana JHT yang belum dicairkan oleh peserta akan dikembangkan oleh BPJS Ketenagakerjaan dengan menempatkannya pada sejumlah instrumen investasi.

Pengelolaan investasi tersebut pun, menurutnya, dilakukan secara hati-hati karena dibatasi oleh peraturan-peraturan yang ada. Proporsi penempatan investasi dana kelolaan BPJS Ketengakerjaan pada suatu instrumen investasi memiliki batasan-batasan tertentu.

"BPJS Ketenagakerjaan dibatasi oleh peraturan, termasuk bagaimana mereka investasikan dana jaminan sosial. Investasi di SBN, di deposito, saham, itu ada batasannya. Dari perspektif keamanan sebetulnya dana mereka aman sekali. Ini yang perlu diedukasi ke publik," katanya.

Sampai dengan akhir 2021, total dana kelolaan BPJS Ketenagakerjaan mencapai Rp559,99 triliun. Dari jumlah tersebut, sebanyak 72 persen ditempatkan di instrumen obligasi, diikuti saham 14 persen, reksadana 7 persen, deposito 6 persen. Adapun sisanya, ditempatkan di instrumen penyertaan dan properti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jaminan hari tua dana kelolaan bpjs ketenagakerjaan dewan jaminan sosial nasional
Editor : Azizah Nur Alfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top