Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap-Siap, Mobile Banking BCA Diperkuat dengan Layanan MyBCA

Proses migrasi dari mobile banking BCA ke myBCA akan memperhatikan sisi keamanan nasabah, mengingat customer base yang dimiliki emiten bersandi BBCA ini cukup besar dan memiliki jumlah transaksi yang cukup banyak.
Nasabah melakukan transaksi perbankan di myBCA di Bandung, Jawa Barat, Kamis (14/3/2019)./Bisnis-Rachman
Nasabah melakukan transaksi perbankan di myBCA di Bandung, Jawa Barat, Kamis (14/3/2019)./Bisnis-Rachman

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) berencana melakukan optimalisasi layanan perbankan aplikasi mobile banking atau m-banking BCA dengan pengembangan aplikasi myBCA. Namun, perusahaan sendiri belum dapat memastikan kapan hal itu akan terjadi.

EVP Transaction Banking Business Development BCA I Ketut Alam Wangsawijaya mengatakan perseroan tidak hanya ingin memberikan layanan perbankan, tetapi juga ingin mengontrol gaya hidup para nasabah melalui aplikasi myBCA. Dengan demikian, nasabah BCA tidak terjebak pada masalah keuangan.

“Tetapi dalam prosesnya tentu kita akan menyempurnakan terlebih dahulu, sehingga myBCA itu akan menjadi lebih unggul dibandingkan mobile banking BCA,” kata Ketut dalam acara BCA Expoversary 2022, Jumat (11/3/2022).

Ketut memastikan proses migrasi dari mobile banking BCA ke myBCA akan memperhatikan sisi keamanan nasabah, mengingat customer base yang dimiliki emiten bersandi BBCA ini cukup besar dan memiliki jumlah transaksi yang cukup banyak.

Artinya, kata Ketut, para nasabah BCA secara bertahap akan terbiasa menggunakan myBCA. Aplikasi ini juga dirancang untuk melengkapi kebutuhan nasabah, dari fitur-fitur yang sebelumnya tidak ada di mobile banking BCA.

Dengan myBCA, nasabah bisa melihat laporan rekening sampai 5 tahun terakhir. Berbeda dengan myBCA, pada fitur mobile banking BCA hanya menyediakan data hingga 7 hari terakhir masa transaksi.

“Adanya fitur ini akan sangat memudahkan nasabah untuk mengevaluasi kebutuhan yang dikeluarkan, terutama mengontrol gaya hidup,” jelasnya

Dia melihat bahwa gaya hidup sudah tak terelakkan sejak zaman digital. Menurut Ketut, kehadiran digital seharusnya membuat gaya hidup seseorang lebih terkontrol dan terencana.

Pasalnya, setiap orang selalu lepas kontrol saat melihat beragam penawaran produk dan membuatnya lupa bagaimana untuk mengontrol itu semua.

“Itu perlu setiap bulan sekali mengevaluasi gaya hidup kita seperti apa, apakah boros, terlalu boros. Kalau kita tidak memiliki akses pencatatan pengeluaran kita, itu kan bahaya sebenarnya,” jelasnya.

Adapun alasan lain, yakni melihat perkembangan teknologi. Ketut menilai aplikasi pada mobile banking memiliki kapasitas yang terbatas apabila terus ditambahkan berbagai jenis fitur, maka semakin lama akan membahayakan aplikasi. Hal itulah yang tidak diinginkan BCA dan memutuskan untuk pindah ke myBCA.

“Karena di satu titik, memang terkadang teknologi itu harus ditinggalkan, karena teknologi yang lama mungkin sudah tidak memadai,” tuturnya.

Ketut menyadari bahwa saat ini sangat mungkin para nasabah BCA memiliki 2 aplikasi dalam satu perangkat. Namun, dia memastikan nasabah hanya perlu menggunakan 1 aplikasi untuk menggunakan layanan perbankan BCA.

Sekadar informasi, sebelum hadirnya mobile banking, perseroan juga pernah meluncurkan SMS banking BCA pada beberapa waktu silam, dan kini layanan tersebut sudah ditutup.

Ketut menginginkan kesadaran nasabah BCA untuk berpindah dari mobile banking BCA ke myBCA. Dengan demikian, mobile banking BCA akan ditutup secara bertahap, yang dilihat dari banyaknya nasabah yang sudah berpindah ke myBCA.

“[Pindah aplikasi] sangat tergantung dari sudah berapa banyak nasabah yang pindah ke myBCA. Jadi selama belum semua pindah ke myBCA, kita enggak akan tutup mobile banking,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper