Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ingat Bun! BI Batasi Penukaran Uang untuk Kebutuhan Lebaran Maksimal Rp3,8 Juta per Orang

Bank Indonesia (BI) menegaskan layanan penukaran uang tunai akan dibatasi maksimal Rp3,8 juta per orang.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 04 April 2022  |  13:41 WIB
Petugas melayani penukaran uang baru dengan menggunakan mobil keliling di halaman GOR Lembupeteng, Tulungagung, Jawa Timur, Selasa (6/6). - Antara/Destyan Sujarwoko
Petugas melayani penukaran uang baru dengan menggunakan mobil keliling di halaman GOR Lembupeteng, Tulungagung, Jawa Timur, Selasa (6/6). - Antara/Destyan Sujarwoko

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menerapkan pembatasan jumlah penukaran uang tunai untuk kebutuhan Ramadan dan Idulfitri tahun ini.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim menyampaikan, penukaran uang tunai akan dibatasi maksimal Rp3,8 juta per orang.

“Kita batasi untuk penukaran Rp3,8 juta dengan masing-masing pecahan 1 paket, mulai Rp1.000, Rp10.000, hingga Rp20.000, per orang. Ini pertimbangannya untuk pemerataan, jangan sampai hanya tersebar di orang tertentu saja,” katanya dalam acara Taklimat Media, Senin (4/4/2022).

Di samping itu, dia mengatakan, BI juga akan tetap memberlakukan protokol kesehatan, sehingga akan ada pembatasan 50 hingga 100 orang di titik penukaran uang.

Penukaran uang tunai dapat dilakukan mulai hari ini, Senin (4/4/2022). Penukaran uang tunai di bank mengikuti jadwal operasional dan ketersediaan uang tunai di bank tersebut.

Sementara itu, untuk penukaran di mobil kas keliling BI, pemesanan penukaran uang tunai dapat dilakukan mulai hari ini secara daring melalui aplikasi Pintar.

“Masyarakat sudah bisa melakukan pemesanan pada hari ini, layanan kas baru bisa kita lakukan besok karena kita siapkan kebutuhannya untuk H-1 sebelum pemesanan,” jelas Marlison.

Adapun, BI menyiapkan uang tunai sebesar Rp175,26 triliun untuk kebutuhan masyarakat selama periode Ramadan dan Idulfitri tahun ini.

Jumlah tersebut meningkat sebesar 13,42 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia lebaran penukaran uang
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top