Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Punya peluang Besar, Ini Cara BTN (BBTN) Penuhi Permintaan Rumah bagi Milenial

BTN (BBTN) menjalin kerja sama dengan perusahaan BUMN lainnya untuk mendukung pemenuhan rumah bagi milenial.
Karyawati PT Bank Tabungan Negara memberikan penjelasan mengenai produk perbankan kepada nasabah di Jakarta, Senin (8/1). Bisnis/Dedi Gunawan
Karyawati PT Bank Tabungan Negara memberikan penjelasan mengenai produk perbankan kepada nasabah di Jakarta, Senin (8/1). Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) melihat peluang permintaan rumah layak bagi generasi milenial terbuka lebar. Peluang ini akan digarap perseroan dengan menjalin kerja sama dengan perusahaan BUMN lainnya.

“Ada peluang yang sangat besar dalam menjembatani gap antara permintaan dan penawaran akan perumahan yang layak pada segmen milenial ini,” ujar Direktur Utama BTN Harus Koesmahargyo, Minggu (3/4/2022).

Haru menyatakan bahwa perseroan siap bersinergi dengan Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional atau Perum Perumnas dan BUMN lainnya untuk mendukung pemenuhan rumah bagi milenial.

Menurutnya, untuk mendorong penyaluran KPR ke generasi milenial, diperlukan dukungan dari seluruh stakeholder, mulai dari pemerintah dengan insentif dan kebijakan fiskal maupun moneter, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta asosiasi pengembang.

Haru menuturkan BTN saat ini bekerja sama dengan JICA (Japan International Cooperation Agency) dan Citibank untuk pinjaman potensial ke perseroan. Tujuan pendanaan ini untuk mendukung kredit perumahan ke segmen berpenghasilan menengah ke bawah di Indonesia.

“Skema pendanaan salah satunya sedang dijajaki kerja sama pembiayaan dari JICA dan Citibank, kami berharap kerja sama ini dapat dikembangkan ke pembiayaan perumahan lain,” kata Haru.

Menteri BUMN, Erick Thohir menilai perumahan merupakan masalah krusial di seluruh dunia, termasuk Indonesia dengan populasi lebih dari 273 juta jiwa.

Menurut Erick diperlukan one-stop solution agar kebutuhan perumahan bisa terpenuhi, tidak hanya untuk milenial tetapi juga juga generasi Z atau Gen Z. Oleh sebab itu, pemerintah wajib hadir agar generasi Z mendapatkan fasilitas terbaik, baik dari sisi pekerjaan maupun hunian.

Terkait hal itu, Erick mendorong sinergisitas antara BTN, Perumnas, KAI, BUMN Karya bahkan PLN dan Telkom untuk memberikan one-stop solution kepada Gen Z, untuk mendapatkan kemudahan tidak hanya untuk perumahan, tetapi juga dalam melakukan pekerjaan.

“Solusi yang ditawarkan ini bagaimana kita mensinergikan tanah yang disediakan oleh PT Kereta Api, Perumnas yang membangun dibantu oleh BUMN Karya, BTN yang memberikan financing dibantu oleh jasa keuangan, PLN dan Telkom bersinergi memberikan solusi terbaik,” kata Erick.

Direktur Utama Perumnas Budi Saddewa Soediro menilai antusiasme dan optimisme atas kerja sama serta kolaborasi yang terjalin saat ini merupakan inovasi dalam menyediakan hunian berkualitas, terjangkau, dan bernilai tinggi, selaras dengan kebutuhan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper