Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jangkau Lebih Banyak UMKM, Restock.id Gandeng 5 BPR

Dukungan pendanaan dari para pemberi pinjaman (lender) kepada para pelaku UMKM tidak hanya mengandalkan bantuan dari pendana ritel, tapi juga pendana institusi.
Logo Restock.id
Logo Restock.id

Bisnis.com, JAKARTA - Platform pendanaan bersama (P2P lending) klaster produktif Restock.id (PT Cerita Teknologi Indonesia) memulai ekspansi bisnis lewat menggandeng 5 bank perkreditan rakyat (BPR).

Tiar N. Karbala, CEO Restock.ID menjelaskan bahwa upaya ini bertujuan memperluas visi menolong permodalan para UKM untuk bergerak maju dan terus berkembang.

"Kerja sama ini memperkuat jangkauan Restock.id dan BPR dalam memberikan modal kerja bagi UKM retail yang tidak memiliki akses pembiayaan. BPR memiliki kekuatan dalam pemahaman industri UKM, sementara Restock.id melengkapinya dengan kemampuan di sisi teknologi," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (5/4/2022).

Platform dengan skema inventory financing ini telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan BPR Rama Ganda, BPR Naribi, BPR Hariarta Sedana, dan BPR Ciledug Dana Semesta. Dalam waktu dekat, akan ada satu BPR lagi yang juga akan segera bekerja sama dengan Restock.id.

Restock.id mengungkap dukungan pendanaan dari para pemberi pinjaman (lender) kepada para pelaku UKM tidak hanya mengandalkan bantuan dari pendana ritel, tapi juga pendana institusi, sebab bertambah banyaknya UKM yang harus dilayani, dan permintaan jumlah pendanaan yang terus meningkat.

Adapun, platform yang sudah 4 tahun berdiri ini masih akan mengandalkan ciri khasnya, sebagai P2P lending pertama yang memudahkan pembiayaan UKM dengan menggunakan aset dan inventori usaha untuk dijadikan jaminan pembiayaan.

Pembiayaan produksi barang dengan collateral stock atau inventory (inventory financing artinya aset produk atau inventori usaha dijadikan sebagai jaminan untuk mendapatkan pembiayaan dari pemberi dana. Restock.id juga membantu pergudangan/warehousing beserta dengan sistem fulfillment-nya.

Tiar mengungkap pihaknya terus membuka peluang yang luas dan mengajak lembaga jasa keuangan lainnya untuk menjalin kerja sama pembiayaan dengan Restock.id, yang memiliki customer base yang unik di bidang fashion retail dan fast moving consumer good, dan bersama-sama menyukseskan Local Brand Movement.

Selain perusahaan fashion retail, brand lokal yang juga menjalani kerja sama dengan Restock.id adalah perusahaan dari bidang healthcare (masker, hand sanitizer) yang diproduksi secara massal, dan juga bekerja sama dengan beberapa perusahaan consumer goods (barang kebutuhan sehari-hari).

"Melalui kerja sama pembiayaan dari sindikasi 4 BPR ini, kami berharap dapat menyalurkan pembiayaan kepada customer base kami yang merupakan UKM-UKM kreatif yang memiliki kualitas terbaik dan punya potensi untuk bertumbuh sangat besar, terutama dengan suksesnya program vaksin pemerintah, kami yakin pelaku UKM di bidang fashion retail baik online ataupun offline akan menjadi booming," jelasnya.

Adapun, Direktur BPR Rama Ganda, Linda Sri Rezeki mengungkap bahwa kerja sama dengan Restock.id dapat memberikan dampak yang positif bagi pihaknya selaku institusi keuangan, maupun penerima pembiayaan Restock.id untuk terus berkembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper