Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Super Aplikasi BTN (BBTN) Ditargetkan Meluncur Kuartal III/2022

Super aplikasi milik BTN (BBT) yang akan meluncur pada kuartal III/2022, saat ini masih diujicobakan secara internal dan berjalan baik.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 08 April 2022  |  15:55 WIB
Lelang rumah murah BTN - Dok. Tangkap Layar BTN
Lelang rumah murah BTN - Dok. Tangkap Layar BTN

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) terus berupaya memperkuat layanan digital guna meningkatkan kenyamanan dan menghadirkan kemudahan kepada nasabah dalam bertransaksi.

Perseroan saat ini tengah mengembangkan super aplikasi yang rencananya diperkenalkan pada kuartal III atau kuartal IV tahun ini.

Direktur Teknologi Informasi dan Digital BTN Andi Nirwoto mengatakan super aplikasi tersebut saat ini masih diujicobakan secara internal dan berjalan baik.

Perseroan terus mematangkan aplikasi sehingga dapat menghadirkan tampilan yang menarik, nyaman dan user friendly atau mudah digunakan, sehingga tercipta kepuasan di sisi nasabah saat menggunakan aplikasi tersebut.

BTN juga menambahkan fitur-fitur beragam agar segala sesuatu dapat dilakukan dalam satu genggaman. Rencananya aplikasi manajemen platform untuk properti tersebut diluncurkan tahun ini.

“Saat ini sedang masuk UI/UX baru dan terus menambahkan fitur-fiturnya. Rencananya [diperkenalkan] pada kuartal III/2022 atau awal kuartal IV/2022,” kata Andi kepada Bisnis, Jumat (8/4).

Dia menjelaskan dalam pengembangan super aplikasi properti ini, BTN memiliki keunggulan yaitu ekosistem yang matang di sektor properti. BTN merupakan satu-satunya bank milik negara, yang fokus di bidang properti.

Sebagai catatan, sepanjang 2021, BTN menyalurkan kredit senilai Rp274,83 triliun dengan 77,8 persen di antaranya mengalir ke sektor properti. Bila dirinci, sebanyak 47,5 persen atau Rp130,68 triliun adalah KPR rumah subsidi dan 30,3 persen atau Rp83,25 triliun KPR non-subsidi.

Dengan super aplikasi yang sedang dikembangkan tersebut, para nasabah nantinya bisa melakukan transaksi untuk membeli rumah baru, rumah bekas, hingga renovasi rumah. Super aplikasi tersebut nantinya juga memiliki beragam fitur mulai dari pembayaran, pembelian, hingga investasi.

“Di sini kami memikirkan keunggulan di era digital ini untuk 5-10 tahun ke depan,” kata Andi.

Andi menyampaikan dalam mengembangkan super aplikasi untuk properti tersebut, BTN akan bekerja sama dengan berbagai perusahaan.

BTN akan membangun platform Antarmuka Pemrograman Aplikasi atau Application Programming Interface (API), untuk mempercepat terbentuknya ekosistem. Kerja sama juga akan membuat super aplikasi BTN memiliki data base yang melimpah.

Sebagai contoh, BTN belum lama melakukan nota kesepahaman (MoU) dengan Pinhome, platform dagang el khusus properti. Pinhome memiliki kekuatan basis data perumahan dan data segmen milenial. Kerja sama ini nantinya akan memperkaya ekosistem BTN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

btn bbtn layanan digital
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top