Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak Tips Menghindari Penipuan Akun BCA Palsu di Instagram

Berikut tips jika Anda menemukan modus penipuan melalui akun palsu BCA di Instagram.
Aplikasi HaloBCA/Istimewa
Aplikasi HaloBCA/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Para nasabah PT Bank Central Asia Tbk. atau BCA sebaiknya semakin berhati-hati karena banyak beredar iklan dari akun BCA palsu di media sosial, khususnya platform Instagram yang menawarkan program menjadi nasabah BCA Prioritas.

“Jika kamu sedang membuka Instagram dan kamu merupakan nasabah BCA yang menjadi target incaran si pelaku, jangan kaget atau cepat senang kalau dapat iklan di Instagram yang seolah-olah dari akun resmi BCA, dan menawarkan promo upgrade ke kartu BCA Prioritas,” tulis BCA dikutip dari laman resmi, Minggu (10/4/2022).

Perseroan menjelaskan bahwa biasanya akun BCA palsu tersebut mencantumkan syarat dan ketentuan yang ringan, misalnya, memiliki saldo tersimpan di tabungan, giro, atau investasi.

Selain itu, akun BCA palsu juga memberikan iming-iming bebas biaya bulanan dan biaya tahun. Padahal, menjadi nasabah BCA Prioritas memiliki syarat dan ketentuan resmi.

Dari kasus-kasus yang ditemukan, penipu biasanya memalsukan akun Instagram dan situs web BCA. Berikut tips jika Anda menemukan modus penipuan melalui akun palsu BCA di Instagram:

1. Akun resmi Instagram BCA hanya @GoodlifeBCA. Situs resmi BCA adalah bca.co.id dan situs prioritas.bca.co.id serta aplikasi BYC Apps. Jika ada selain ini, sudah pasti itu palsu.

2. Keanggotaan BCA Prioritas hanya didapatkan melalui syarat dan ketentuan tertentu dan undangan dari pihak BCA. Jadi, jika ada pihak lain yang menawarkan cara instan menjadi nasabah BCA Prioritas sudah pasti itu adalah modus penipuan.

3. Awas link palsu dan jangan diklik, apalagi mengisi data-data pribadi. BCA tidak pernah meminta nasabah untuk mengisi data-data pribadi melalui sarana apapun termasuk link. Jaga selalu kerahasiaan data pribadi seperti nomor kartu, PIN, CVV/CVC, dan OTP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper