Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tanda Pemulihan Ekonomi! Penyaluran Kredit Kendaraan Bermotor Mulai Naik

Bank Indonesia mencatat penyaluran kredit kendaraan bermotor atau KKB tumbuh 1,9 persen secara tahunan pada Maret 2022, atau dari Rp103,2 triliun menjadi Rp105,2 triliun.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 02 Mei 2022  |  15:45 WIB
Presiden Direktur BCA Jahja Setiatmadja mencatatkan kredit kendaraan bermotor (KKB) mulai rebound atau pulih. Ini menjadi tanda pemulihan ekonomi, sekaligus meningkatnya daya beli.  - BCA
Presiden Direktur BCA Jahja Setiatmadja mencatatkan kredit kendaraan bermotor (KKB) mulai rebound atau pulih. Ini menjadi tanda pemulihan ekonomi, sekaligus meningkatnya daya beli. - BCA

Bisnis.com, JAKARTA – Penyaluran kredit di sektor kendaraan bermotor pada Maret 2022 mencatat pembalikan atau rebound, setelah dua bulan sebelumnya yakni Januari – Februari masih berada di jalur kontraksi.

Laporan Analisis Perkembangan Uang Beredar yang dirilis Bank Indonesia (BI) mencatat penyaluran Kredit Kendaraan Bermotor atau KKB tumbuh 1,9 persen secara tahunan pada Maret, atau dari Rp103,2 triliun menjadi Rp105,2 triliun.

Realisasi tersebut menjadi titik balik kinerja KKB yang sepanjang Januari – Februari 2022 masih mengalami penurunan. Berdasarkan laporan yang sama, penyaluran KKB pada Januari terkontraksi sebesar 3 persen dan 0,8 persen pada Februari.

Secara keseluruhan, kinerja kredit konsumsi yang di dalamnya termasuk kredit pemilikan rumah (KPR), KKB, dan kredit multiguna per Maret 2022 tumbuh 6 persen year-on-year (YoY).

Laju peningkatan KKB juga tecermin dari capaian kinerja PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) yang mengalami rebound pada kuartal I/2022. KKB BCA tercatat tumbuh 3,6 persen YoY dengan nilai keseluruhan mencapai Rp41,6 triliun.

“Pertumbuhan kredit terjadi di semua segmen, baik kredit untuk bisnis maupun konsumsi,” ujar Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam paparan kinerja kuartal I/2022.

Jahja menuturkan kebangkitan bisnis KKB perseroan terutama ditopang oleh berbagai inovasi yang dilakukan selama pandemi Covid-19, khususnya perhelatan pameran secara virtual dan event BCA Expoversary 2022.

Pelaksanaan Expoversary, lanjutnya, berkontribusi signifikan dalam mendorong kinerja portofolio KPR dan KKB di akhir Maret 2022. Sejak awal pandemi, KPR mencatatkan pertumbuhan tertinggi, sementara KKB tumbuh positif untuk pertama kalinya.

Pengajuan aplikasi kredit konsumer baru dari BCA Expoversary 2022 diharapkan berkontribusi positif bagi penyaluran kredit baru yang lebih tinggi pada kuartal II tahun ini. Secara keseluruhan, total kredit BCA naik 8,6 persen YoY menjadi Rp 637,1 triliun pada Maret 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia bca kredit kendaraan bermotor
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top