Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dukung Ekonomi Hijau, BCA (BBCA) Kucurkan Rp472 Miliar untuk Anak Usaha Alkindo Naratama

BCA dan Eco Paper juga tengah menjajaki kemungkinan kerja sama lanjutan dalam pembiayaan hijau lainnya.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 21 Juni 2022  |  10:59 WIB
Pekerja membersihkan dinding kantor Bank Central Asia (BCA) di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (16/6/2020). Bisnis - Paulus Tandi Bone
Pekerja membersihkan dinding kantor Bank Central Asia (BCA) di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (16/6/2020). Bisnis - Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) menyalurkan pembiayaan senilai Rp472 miliar kepada PT Eco Paper Indonesia, anak usaha PT Alkindo Naratama Tbk (ALDO), untuk mendukung usaha dan investasi perusahaan di segmen ekonomi sirkular.

Selain itu, Direktur BCA John Kosasih mengatakan BCA dan Eco Paper juga tengah menjajaki kemungkinan kerja sama lanjutan dalam pembiayaan hijau lainnya.

“Usaha berbasis daur ulang tersebut menjadi sangat sentral dalam inisiatif ekonomi sirkular sehingga bahan baku yang masih layak pakai tersebut dapat diolah menjadi bernilai tinggi dan memberikan mata rantai ekonomi yang berkelanjutan. Ini sebuah contoh nyata yang patut diteladani,” ujar John dalam keterangan tertulis, Selasa (21/6/2022).

Dalam keterangannya, John menyampaikan sebagai bagian dari entitas nasional, BCA berkomitmen untuk terus mendukung implementasi ekonomi sirkular dalam rangka memperluas hadirnya inisiatif dan usaha berbasis ekonomi hijau.

Menurutnya, ekonomi hijau sudah merupakan panggilan bersama yang penting bagi keberlangsungan bumi, untuk masa depan lebih baik generasi mendatang. Pemerintah Indonesia juga telah mencanangkan ekonomi hijau sebagai sebuah mandatori yang wajib dilakukan oleh berbagai pihak.

“Sebagai entitas nasional, BCA juga memiliki panggilan dan tanggung jawab yang sama untuk terlibat aktif dalam mengimplementasikan ekonomi hijau, terutama dengan menyediakan pembiayaan yang mendukung berbagai inisiatif ekonomi hijau tersebut,” terangnya.

John menilai semakin banyak orang yang menyadari pentingnya inisiatif berbasis ekonomi hijau, maka semakin berarti pula berbagai usaha yang dilakukan berbasis wawasan lingkungan. Dengan demikian, potensi dan peluang ekonomi hijau masih sangat terbuka lebar dan menjanjikan karena mampu memberikan nilai tambah yang berguna bagi semua pihak yang terlibat.

"Kami siap bekerja sama dengan semua pihak yang memiliki visi lingkungan yang sama,” tuturnya.

John mengungkapkan bank dengan sandi saham BBCA ini senantiasa aktif mewujudkan komitmen dalam pembangunan berkelanjutan dengan mengedepankan nilai-nilai environmental, social, and governance (ESG).

Tercatat, per Maret 2022, BCA memperkuat komitmennya dengan penyaluran kredit untuk sektor-sektor berkelanjutan yang mencapai Rp161,6 triliun atau naik 25,6 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). Nilai itu berkontribusi hingga 24,9 persen dari total portofolio pembiayaan BCA.

Selain itu, BCA juga melakukan beberapa inisiatif lain seperti pengelolaan limbah kartu dan EDC, serta turut pemadaman lampu selama 1 jam pada 544 gedung kantor BCA untuk mendukung program Earth Hour beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bca kredit pt alkindo naratama tbk bbca ekonomi hijau
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top