Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

CIMB Niaga (BNGA) Fasilitasi Transaksi Pasar Emas Fisik Digital

Melalui kerja sama ini, CIMB Niaga (BNGA) berharap dapat membantu kegiatan pasar komoditi, khususnya perdagangan fisik emas digital di dalam bursa komoditi sehingga bisa meningkatkan transaksi komoditi emas di Indonesia
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 25 Juni 2022  |  16:29 WIB
CIMB Niaga (BNGA) Fasilitasi Transaksi Pasar Emas Fisik Digital
Karyawati beraktivitas di salah satu cabang Bank CIMB Niaga di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA) menjalin kerja sama dengan Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) dan Indonesia Clearing House (ICH) untuk memfasilitasi transaksi pasar fisik emas digital di bursa komoditi dengan menjadi bank penyimpan dana margin.

Direktur Business Banking CIMB Niaga Rusly Johannes menyampaikan kolaborasi perbankan dengan bursa komoditi dan lembaga kliring merupakan suatu usaha dalam membentuk ekosistem perdagangan berjangka komoditi yang kuat dan terintegrasi.

“Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat membantu kegiatan pasar komoditi, khususnya perdagangan fisik emas digital di dalam bursa komoditi, sehingga ke depannya bisa meningkatkan transaksi komoditi emas di Indonesia,” kata Rusly dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (25/6/2022).

Senada, Direktur ICDX Nursalam mengungkapkan kerja sama ini bertujuan untuk mendorong peningkatan transaksi Perdagangan Berjangka Komoditi, khususnya transaksi pasar fisik emas digital melalui bursa.

“Kerja sama ini sebagaimana komitmen ICDX dalam menjalankan fungsinya sebagai Bursa Komoditi untuk menghadirkan ekosistem pasar yang terorganisir, dan ICH sebagai lembaga kliring untuk penjaminan dan penyelesaian transaksi pasar fisik emas digital di ICDX,” ujarnya.

Seperti diketahui, emiten bank dengan sandi saham BNGA ini merupakan salah satu bank yang telah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappepti), kementerian perdagangan, sebagai bank penyimpan dana margin atas transaksi pasar fisik emas digital melalui bursa (on exchange).

Rusly mengatakan kerja sama ini juga menandai sinergi yang baik antarpelaku industri perdagangan berjangka komoditi (PBK) dengan pelaku industri keuangan, khususnya perbankan.

“Dengan kerja sama tersebut, ICDX dan ICH akan mengintegrasikan platform dan sistem Pasar Fisik Emas Digital milik Bursa Komoditi dengan CIMB Niaga melalui pembukaan Akun Peserta Emas Digital (APED) dalam ekosistem yang terintegrasi,” ungkapnya.

Dia menambahkan dengan terbentuknya ekosistem perdagangan berjangka komoditi, khususnya pasar fisik emas digital akan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam berinvestasi emas fisik melalui platform digital.

Meski perdagangan tersebut dilakukan secara digital, kepemilikan fisik emas akan dijamin oleh lembaga kliring, yakni ICH untuk memastikan ketersediaan fisik dari emas yang ditransaksikan. Adapun dana dari transaksi akan disimpan oleh CIMB Niaga, sehingga dapat dipastikan keamanannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

emas cimb niaga icdx
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top