Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 4 Cara Mengurus Kartu ATM yang Hilang

Bila kartu debit hilang, maka ada beberapa syarat dan cara yang wajib Anda lakukan untuk mengurus kartu ATM.
Kartu Debit BCA/Dokumen BCA
Kartu Debit BCA/Dokumen BCA

Bisnis.com, JAKARTA – Kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) merupakan kartu yang sangat bermanfaat dalam transaksi keuangan masyarakat, hal itu lantaran kartu ini bisa melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun.

Namun, kartu debit yang seukuran kartu identitas pada umumnya ini sering kali hilang karena intensitas pemakaiannya lebih sering dibanding kartu lainnya, bisa itu tertelan mesin ATM atau karena kelalaian diri sendiri.

Akibatnya, kartu ATM Anda bisa saja disalahgunakan oleh pelaku tindak kejahatan untuk menguras habis isi saldo rekening Anda.

Nah, untuk itu ini cara yang harus dilakukan ketika kartu ATM Anda hilang, di antaranya:

1. Hubungi Customer Service Bank

Ketika kartu ATM sudah dipastikan hilang maka sebaiknya Anda harus langsung menghubungi Customer Service (CS) untuk segera melakukan pemblokiran pada kartu ATM yang hilang, nantinya CS akan meminta data yang diperlukan untuk melakukan pemblokiran tersebut.

Mengingat banyaknya modus penipuan, maka sebaiknya Anda menelpon pada call center bank bersangkutan dengan cermat. Walaupun biasanya terdapat pada mesin ATM, nomor tersebut juga bisa menjadi modus penipuan karena pelaku kejahatan sudah menggantinya dengan nomor lain.

Oleh karena itu, perhatikan baik-baik nomor call center bank di situs resmi bank bersangkutan atau biasanya tertera di buku tabungan bank Anda.

2. Minta Surat Kehilangan Polisi

Setelah kehilangan ATM Anda juga perlu untuk meminta surat kehilangan dari kepolisian, dokumen yang dibawa cukup membawa KTP dan buku tabungan, dalam pembuatannya juga tidak perlu waktu lama jika tidak ada antrean.

3. Membuat Kartu ATM Baru di Bank

Buatlah kembali kartu ATM yang hilang di bank bersangkutan, cukup membawa kartu identitas dan buku tabungan. Nantinya, Anda akan ditanya beberapa hal mengenai tabungan, seperti transaksi terakhir dan saldo terakhir.

Setelah pembuatan ATM baru selesai, sebaiknya Anda melihat mutasi rekening untuk memastikan tidak ada penarikan uang oleh orang lain dalam kurun waktu ATM hilang.

4. Transfer Saldo ke Rekening Anda Lainnya

Cara ini sebenarnya sebagai cara opsional, jika Anda ingin memastikan uang di rekening Anda tetap ada dan agar memiliki perasaan yang tenang saat kartu ATM hilang, sebaiknya Anda lakukan cara ini.

Jika Anda pengguna m-banking maka proses ini bisa dilakukan dengan cepat, cukup mengirim semua saldo dari ATM Anda yang hilang ke rekening milik Anda yang lain sehingga tidak perlu memikirkan kemungkinan terburuk akan terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper