Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alibaba Cloud Punya Layanan Blockchain hingga EKYC di Indonesia, Apa Itu?

Layanan blockchain hingga EKYC akan menjadi fitur-fitur yang ditawarkan Alibaba Cloud untuk industri keuangan di Indonesia.
Suasana acara Indonesia Financial Industry Cloud Summit di Jakarta, Selasa (26/7/2022). /Bisnis-Arief Hermawan P
Suasana acara Indonesia Financial Industry Cloud Summit di Jakarta, Selasa (26/7/2022). /Bisnis-Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA — Alibaba Cloud, teknologi digital dan tulang punggung intelijen dari Alibaba Group, meluncurkan lima produk layanan keuangan baru di pasar Indonesia dalam acara Financial Cloud Summit pada Selasa (26/7/2022).

Leon Chen, Country Manager of Indonesia, Alibaba Cloud Intelligence, mengatakan bahwa lima produk baru tersebut mulai dari pengujian aplikasi seluler, basis data relasional, solusi online jarak jauh hingga layanan cloud blockchain terbuka dan layanan pesan singkat.

Pertama, pengujian aplikasi seluler. Ini merupakan platform cloud yang menyediakan layanan pengujian perangkat untuk perusahaan dan pengembang seluler. Layanan ini membantu mendeteksi risiko tersembunyi di aplikasi, antara lain masalah kompatibilitas dan fungsionalitas.

“Memanfaatkan pembelajaran mesin, layanan ini dapat dengan cepat mengidentifikasi, menentukan, dan mengatasi masalah serta meningkatkan kinerja pengujian,” ujarnya dalam Financial Cloud Summit, Selasa (26/7/2022).

Kedua, ApsaraDB for OceanBase. Basis data relasional terdistribusi kelas keuangan yang menampilkan stabilitas tinggi hingga skalabilitas tinggi. Kapasitas pemrosesan maksimum mencapai 61 juta kali per detik.

Pada layanan ini, Alibaba Cloud membawa memori Intel® Optane™ ke dalam infrastruktur yang menciptakan jembatan yang dipercepat antara memori dan penyimpanan. Namun, dapat mencapai keandalan dan konsistensi data dengan cara yang hemat biaya.

Ketiga adalah solusi EKYC. Proses jarak jauh tanpa kertas yang dapat membantu memverifikasi pengguna secara daring, metode autentikasi yang lebih efisien dan akurat. Berdasarkan algoritma milik Alibaba, hanya dibutuhkan rata-rata sekitar 8 detik untuk menyelesaikan seluruh proses.

Keempat, Blockchain as a Service (BaaS). Layanan ini menyediakan cloud blockchain yang aman, stabil, dan mudah digunakan. BaaS juga menyediakan perlindungan keamanan tingkat lanjut menggunakan teknologi enkripsi.

Kelima adalah ChatAPP dan layanan pesan singkat. ChatAPP adalah API layanan pesan singkat untuk perusahaan global menjangkau pengguna secara efisien. Dalam hal ini, Alibaba Cloud bekerja sama dengan WhatsApp untuk menyediakan layanan API pesan bagi bisnis.

Leon menyatakan bahwa dengan kehadiran lima produk tersebut, Alibaba Cloud berkomitmen menghadirkan produk dan solusi tercanggih untuk memenuhi permintaan para pelanggan di Indonesia yang terus meningkat.

“Dengan memperkenalkan layanan keuangan kelas dunia yang diunggulkan dalam keamanan, ketahanan, dan kinerja tinggi, kami berharap dapat membantu nasabah di sektor keuangan untuk menggali lebih banyak peluang pertumbuhan dan tetap kompetitif di era digital,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper