Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 4 Usaha Sampingan di Rumah, Bisa Hasilkan Banyak Keuntungan

Usaha sampingan bisa menjadi salah satu cara untuk dapatkan penghasilan tambahan. Berikut pilihan usaha sampingan yang menguntungkan.
4 Usaha Sampingan di Rumah, Bisa Hasilkan Banyak Keuntungan (pexels)
4 Usaha Sampingan di Rumah, Bisa Hasilkan Banyak Keuntungan (pexels)

Bisnis.com, JAKARTA - Siapa sih yang tidak mau memiliki penghasilan tambahan? Tentu saja semua orang menginginkan penghasilan tambahan untuk kehidupan sehari-hari. Ternyata ada banyak sekali penghasilan tambahan yang bisa didapatkan dari usaha sampingan. 

Pada umumnya penghasilan tambahan bisa didapatkan tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga atau waktu. Modal yang dibutuhkan untuk usaha sampingan rumahan juga umumnya tidak terlalu banyak. Bagi Anda yang ingin menambah penghasilan dengan bekerja sampingan di rumah, beberapa ide usaha samping ini bisa Anda coba. 

Ide Usaha Sampingan di Rumah

  • Toko Online

Ide usaha sampingan pertama yang bisa dilakukan di rumah yaitu membuka toko online. Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat segala sesuatu mudah dilakukan termasuk menjual produk secara online melalui e-commerce

Peluang usaha dengan membuka toko online ini cukup menjanjikan karena bisa dilakukan setelah menyelesaikan pekerjaan utama. Strategi marketing yang baik diperlukan disini sehingga membuat produk yang Anda jual bisa laku dipasaran.

Saat ini teknik marketing yang umum dan banyak digunakan yaitu melalui live streaming. Jika hanya memajang produk pada etalase toko online saja akan sangat sulit menaikkan traffic toko. Berbeda hal jika menggunakan teknik siaran langsung yang bisa menjangkau lebih banyak pengunjung toko online.

  • Dropshipper atau Reseller

Ide usaha selanjutnya yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah yaitu ada pekerjaan sebagai dropshipper atau reseller. Kedua pekerjaan sampingan ini memang hampir mirip tetapi ternyata ada perbedaan dari keduanya.

Pekerjaan sebagai dropshipper yaitu pekerjaan mempromosikan sebuah produk dari sebuah toko pilihan dan jika ada yang membeli maka Anda akan mendapatkan keuntungan. Tidak perlu mengeluarkan modal, tidak perlu stok barang, dan tidak perlu memiliki sample barang.

Pekerjaan ini bisa dikatakan sebagai perantara antara penjual dan pembeli atau sebagai orang ketiga. Pembeli akan membeli produk dari Anda, kemudian Anda akan membeli dari penjual utama dan meminta penjual utama mengirimkan produk ke alamat pembeli. 

Sedangkan untuk reseller merupakan pekerjaan menjual produk dari toko lain tetapi biasanya Anda harus melakukan stok produk terlebih dahulu. Selain itu, biasanya untuk menjadi reseller juga perlu minimal pembelian produk.

Pembeli akan melakukan pembelian langsung dari Anda dan Andalah yang mengirimkan barang tersebut. Tentu menjadi konsep yang berbeda bukan dengan dropshipper?

  • Agen Pulsa

Ide usaha sampingan selanjutnya yang bisa dilakukan di rumah yaitu menjadi agen pulsa. Sebagai agen pulsa yang penting dibutuhkan yaitu respon cepat dalam menghadapi pelanggan. Usaha sampingan ini bisa dilakukan jika pekerjaan utama Anda tidak terlalu sibuk. Sehingga Anda tetap bisa melayani pembeli di rumah dengan cepat. Ide usaha ini juga cocok untuk ibu rumah tangga. 

  • Content Creator

Ide usaha sampingan selanjutnya yaitu menjadi content creator di berbagai platform digital atau sosial media. Menjadi seorang content creator jika sudah memiliki banyak penonton atau followers akan menghasilkan banyak keuntungan. 

Penghasilan dari bisnis sampingan ini bisa berasal dari endorse produk, media partner, adsense, dan lain sebagainya. Walaupun demikian, diperlukan konsistensi dan keseriusan dalam menjadi content creator. Pasalnya, persaingan menjadi content creator juga terbilang sulit. 

Itulah 4 ide usaha sampingan yang bisa dijalankan dengan mudah di rumah tanpa mengganggu pekerjaan utama. Dengan konsisten, serius, dan pintar menyusun strategi pemasaran, maka usaha tersebut bisa menghasilkan banyak keuntungan dan dapat menjadi pasif income untuk Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper