Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelajah BUMN 2022: Smart Branch Bank Mandiri Diakui Mudahkan Transaksi Nasabah

Fasilitas kantor cabang pintar atau smart branch yang telah dikembangkan oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. diakui mampu memberikan kemudahan bagi nasabah.
Seorang pegawai Bank Mandiri sedang melayani nasabah melakukan transaksi keuangan di Smart Branch by Mandiri, Martadinata, Bandung, Jawa Barat, Kamis (15/9). /Bisnis Indonesia - Himawan L. Nugraha.
Seorang pegawai Bank Mandiri sedang melayani nasabah melakukan transaksi keuangan di Smart Branch by Mandiri, Martadinata, Bandung, Jawa Barat, Kamis (15/9). /Bisnis Indonesia - Himawan L. Nugraha.

Bisnis.com, BANDUNG - Fasilitas kantor cabang pintar atau smart branch yang telah dikembangkan oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) diakui mampu memberikan kemudahan bagi nasabah dalam mendapatkan layanan perbankan.

Hal itu seperti dikatakan salah satu nasabah Bank Mandiri, Yoga Sanjaya yang mengaku bahwa selama ini terbiasa pergi ke kantor cabang Bank Mandiri untuk penarikan uang di atas Rp10 juta. Namun, pengusaha produk fesyen ini sejak Juli 2022 mendapatkan pengalaman lain saat pergi ke kantor cabang Bank Mandiri di Bandung, yakni fasilitas smart branch.

"Saya rasa lumayan nyaman dalam bertransaksi. Dari sisi antreannya pun yang biasanya panjang, di sini tidak terlihat penumpukan antrean," katanya saat dijumpai Tim Jelajah BUMN untuk Indonesia, Kamis (15/9/2022).

Menurutnya, pengalaman ini bisa didapat karena fasilitas smart branch memungkinkan nasabah mengisi formulir pendaftaran berbasis digital. "Kalau di konvensional, saya mengisi sendiri agak jelimet, di smart branch bisa input data diri di mesin dan tap," kata Yoga.

Proses registrasi di smart branch pun menurutnya lebih aman karena e-KYC dilakukan di mesin dengan pemindaian wajah. Beragam transaksi pun dilakukan secara paperless.

Sementara bukti transaksi bisa masuk lewat email nasabah. "Jadinya bisa terdata, karena sebelumnya, bukti-bukti itu bisa saja terselip dan hilang," katanya.

Selain itu juga terdapat penampilan baru di kantor cabang yang membuatnya lebih nyaman saat menunggu mendapatkan layanan perbankan.

Pengalaman lainnya dirasakan oleh nasabah Bank Mandiri bernama Lenny Sumiati. Karyawan swasta ini setiap harinya mesti pergi ke kantor cabang untuk mengurusi transaksi perusahaan tempat ia bekerja.

Menurutnya, meskipun pada awal mencoba smart branch ia merasa bingung, fasilitas ini dinilai memberikan manfaat kecepatan saat bertransaksi. "Tidak perlu nulis-nulis lagi di kertas dan datang ke teller, tinggal isi secara digital sesuai keperluan," ujarnya.

Bank Mandiri telah membuat terobosan digital dengan mengubah kantor cabang konvensional menjadi Smart Branch by Mandiri ini sejak Juli 2022. Total ada 241 Smart Branch Bank Mandiri yang tersebar di wilayah Indonesia. Di Kota Bandung sendiri, telah hadir sekitar tujuh dan di Jawa Barat telah terdapat 17 smart branch.

Bank Mandiri menawarkan pengalaman tipe smart branch yang berbeda di setiap cabang, mulai dari tipe digital box, hybrid branch, hingga upgrade branch. Ketiga tipe cabang ini disesuaikan dengan karakter kebutuhan nasabah.

Digital box misalnya, tipe ini digunakan untuk para nasabah yang membutuhkan layanan perbankan express atau cepat tanpa antre. Tipe ini bisa melayani kebutuhan perbankan mulai dari ATM setor tarik, customer service machine, dan video conference box (V-Box).

Secara terperinci, customer service machine untuk melayani penggantian kartu debit dengan kartu dan/atau tanpa kartu, serta pembukaan rekening tabungan.

Adapun untuk tipe hybrid branch, yakni untuk para nasabah Bank Mandiri yang memiliki aktivitas padat dan memiliki beragam kebutuhan finansial dengan desain yang terdiri dari welcoming machine, customer lounge, teller zone, eform zone, meeting room, hingga self service machine.

Sementara itu, tipe upgrade branch dikhususkan untuk para nasabah yang membutuhkan pendampingan staf dan memiliki beragam kebutuhan finansial. Dalam hal ini, Bank Mandiri menawarkan desain welcoming machine, customer lounge, teller zone, conventional teller, dan conventional customer service.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper