Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelajah 2022 : Kehabisan Saldo E-money Saat Di Jalan? Ini Beberapa Cara Mudah Isi Ulang Tanpa Ribet

Salah satu cara paling mudah dan simple isi ulang saldo di kartu uang elektronik E-Money dengan menggunakan layanan aplikasi Livin by Mandiri di gadget Anda.
ISI ULANG E-money. Tim Jelajah BUMN untuk Indonesia 2022 sedang mengisi ulang saldo uang elektronik di kartu E-money melalui aplikasi Livin by Mandiri, saat dalam perjalanan di Pekalongan, Jawa Temgah, Jumat (16/09)/Bisnis Indonesia - Himawan L Nugraha.
ISI ULANG E-money. Tim Jelajah BUMN untuk Indonesia 2022 sedang mengisi ulang saldo uang elektronik di kartu E-money melalui aplikasi Livin by Mandiri, saat dalam perjalanan di Pekalongan, Jawa Temgah, Jumat (16/09)/Bisnis Indonesia - Himawan L Nugraha.

Bisnis.com, PEKALONGAN - Sekarang ini bagi siapa pun yang akan menempuh perjalanan menggunakan kendaraan roda empat dan bakal memasuki ruas jalan tol, tentu tidak boleh lupa akan dua hal. Pertama, membawa kartu uang elektronik. Kedua, saldo atau isi dari kartu yang elektronik itu sendiri.

Karena seiring perkembangan zaman saat ini untuk dapat melintasi gerbang tol harus dapat membayar menggunakan uang elektronik dan tifak bisa lagi manual atau uang cash. Pasalnya seringkali yang kerap dijumpai adalah lupa masih seberapa banyak jumlah saldo yang terdapat di uang elektronik yang dibawa dan atau kelupaan untuk mengisi ulang saldo kartu uang elektroniknya atau e-money tersebut.

Namun demikian, apabila hal tersebut, yakni lupa jumlah sisa saldo maupun lupa belum isi ulang saldo itu terjadi pada Anda, maka tak.perlu khawatir. Karena seiring perkembangan teknologi zaman sekarang, untuk isi ulang atau sekadar cek saldo bisa dilakukan dengan gampang tanpa ribet.

Bagi Anda pengguna E-money, yakni merupakan kartu elektronik keluaran PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., saat ini isi ulang cukup dengan dari handphone Anda yang sudah support teknologi NFC.

NFC adalah fitur yang punya kepanjangan Near Field Communication, yakni sejenis teknologi konektivitas untuk menghubungkan perangkat satu dan lainnya dengan jarak di bawah 4 centimeter, yang fungsinya sama semacam bluetooth, infrared, dan WiFi. Dan seperti dikutip dari laman resmi www.bankmandiri.co.id, terdapat berbagai cara untuk isi ulang saldo E-money Anda.

1. Aplikasi Livin by Mandiri. Ini adalah cara paling mudah.

Pertama, aktifkan NFC pada perwngkat Anda kemudian tempel dan tahan kartu e-money di belakang HP.
Kedua, tunggu sampai kartu e-money berhasil terbaca.
Ketiga, tekan Top Up.
Keempat, pilih atau masukkan nominal yang ingin di Top Up.
Kelima, periksa kembali nominal yang diisi, lalu tap Lanjut Top-up. Masukkan PIN Livin’ Anda. Tunggu hingga muncul notifikasi top-up e-money berhasil.

2. Aplikasi LinkAja. Cara kedua ini bisa jadi pilihan jika belum ada aplikasi Livin by Mandiri di gadget Anda, bisa juga dengan menggunakan LinkAja, platform pembayaran besutan perusahaan-perusahaan milik negara.

Pertama, buka aplikasi LinkAja di ponsel
Kedua, pilih menu 'Lainnya'
Ketiga, pilih fitur Kartu Uang Elektronik. Setelahnya, Anda diarahkan untuk mengisi kode yang terdapat di kartu e-Money
Ketiga, klik ‘Lanjut’ untuk meneruskan
Keempat, pilih nominal transaksi yang diinginkan. Ada biaya admin yang harus dibayarkan sebesar Rp 1.000
Kelima, Klik konfirmasi untuk meneruskan ke pembayaran.

3. Mesin ATM Mandiri. Cara ketiga ini bisa menjadi pilihan ketika Anda menepi di rest area, dapat juga mengisi ulang melalui ATM Mandiri maupun ATM Bersama. Berikut cara isi ulang e-money dengan ATM.

Pertama, masukkan kartu mandiri debit di mesin atm
Kedua, masukkan PIN kartu
Ketiga, pilih menu "e-money"
Keempat, pilih menu "isi ulang"
Kelima, pilih nominal isi ulang yang tersedia pada tombol atau jumlah lainnya
Keenam, konfirmasi jumlah nominal isi ulang, jika sudah sesuai tekan "Ya"
Ketujuh, letakkan kartu mandiri e-money pada reader bertanda logo isi ulang. Transaksi berhasil, kertas struk keluar dan saldo mandiri e-money bertambah

4. Kartu Debit ATM Bersama. Cara keempat ini bisa menjadi pilihan jika Anda bukan nasabah Bank Mandiri dan mau mengisi ulang di ATM Mandiri. Tenang Anda bisa menggunakan kartu debit yang berlogo ATM bersama ATM Mandiri. Berikut caranya.

Pertama, masukkan kartu debit berlogo ATM Bersama di mandiri atm
Kedua, masukkan PIN kartu
Ketiga, pilih "Transaksi Lainnya"
Keempat, pilih "Mandiri Prabayar"
Kelima. pilih nominal isi ulang yang tersedia pada tombol atau jumlah lainnya. konfirmasi jumlah nominal isi ulang, jika sudah sesuai tekan "Ya".
Keenam, tempelkan kartu mandiri e-money pada reader bertanda logo isi ulang. Transaksi berhasil, kertas struk keluar dan saldo mandiri e-money bertambah

5) Lewat e-commerce, seperti Shopee

Dalam kasus tertentu ternyata Anda juga tidak punya aplikasi LinkAja, tidak punya Livin by Mandiri, tidak bertemu dengan ATM. Jangan bingung, Anda tetap bisa mengisi e-money lewat aplikasi Shopee. Caranya sebagai berikut:

Pertama, buka aplikasi Shopee di smartphone Anda
Kedua, pada halaman utama klik “Pulsa, Tagihan, & Hiburan”
Ketiga, pilih “Uang Elektronik”
Keempat, masukkan 16 digit nomor kartu e-Money Mandiri
Kelima, pilih nominal top up yang diinginkan, Anda dapat memilih isi saldo mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 500.000
Keenam, klik “Lanjutkan”. Pilih “Metode Pembayaran” yang Anda inginkan
Ketujuh, pilih “Bayar Sekarang”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper