Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kena PHK Seperti di Indosat Hingga Shopee dapat Tunjangan Pengangguran, Begini Cara Mengurusnya!

BPJS Ketenagakerjaan menyelenggarakan program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) bagi karyawan yang kena pemutusan hubungan kerja (PHK) seperti di Indosat.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 23 September 2022  |  20:17 WIB
Kena PHK Seperti di Indosat Hingga Shopee dapat Tunjangan Pengangguran, Begini Cara Mengurusnya!
Karyawati melayani peserta di salah satu kantor cabang BPJamsostek di Jakarta (24/1/2022). Bisnis - Suselo Jati
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) di Indosat, Shopee dan sejumlah perusahaan lain dapat memanfaatkan program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) yang dijalankan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek. 

Direktur Kepesertaan BPJamsostek Roswita Nilakurnia menuturkan program JKP dapat dimanfaatkan oleh karyawan yang terkena PHK. Terdapat sejumlah manfaat yang diberikan dalam program ini seperti uang tunai selama 6 bulan, akses ke pasar kerja dan pelatihan kerja.

Dia mengatakan, untuk menjadi peserta program JKP ini, karyawan yang terkena PHK membawa surat keterangan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dari perusahaan yang sudah disahkan oleh dinas tenaga kerja setempat. 

Selain itu, karyawan yang kena PHK merupakan peserta program JKP yang ditandai dengan telah membayar iuran program BPJS Ketenagakerjaan selama 12 bulan dan telah membayar seluruh iuran selama 6 bulan berturut. 

"Sepanjang karyawan terdaftar pada full program BPJS Ketenagakerjaan dan program JKN BPJS Kesehatan maka yang bersangkutan kemungkinan bisa mengajukan klaim JKP setelah memastikan memenuhi persyaratan kepesertaan JKP dan persyaratan penerima manfaat JKP," kata Roswita kepada Bisnis, Jumat (23/9/2022).  

Dalam laman BPJS Ketenagakerjaan, manfaat tunai bagi peserta program  JKP selama 6 bulan berupa 45 peprsen dari upah sebulan untuk 3 bulan pertama. Selanjutnya manfaat akan dibayarkan sebesar  25 persen dari upah sebulan untuk 3 bulan berikutnya.

"Dasar pembayaran upah yang digunakan yaitu upah terakhir yang dilaporkan kepada BPJS Ketenagakerjaan dengan maksimal batas atas upah yang diperhitungkan sebesar Rp5 juta," tertulis dalam penjelasan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jaminan Kehilangan Pekerjaan bpjs ketenagakerjaan BPJAMSOSTEK Pemutusan Hubungan Kerja indosat
Editor : Anggara Pernando
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top