Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

BI Ingatkan Bank Syariah Kejar Target Rasio Pembiayaan UMKM 30 Persen pada 2024

Bank Indonesia atau BI mencatat secara rata-rata target rasio 20 persen pembiayaan UMKM bank syariah pada 2022 sudah tercapai.
Fahmi Ahmad Burhan
Fahmi Ahmad Burhan - Bisnis.com 06 Oktober 2022  |  18:03 WIB
BI Ingatkan Bank Syariah Kejar Target Rasio Pembiayaan UMKM 30 Persen pada 2024
Ilustrasi UMKM. - surakarta.go.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia mendorong agar bank syariah mampu memenuhi target Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudensial (RPIM) atau rasio pembiayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebesar 30 persen hingga 2024.

RPIM merupakan rasio yang menggambarkan porsi pembiayaan dana yang diberikan bank, salah satunya untuk UMKM. Kewajiban pemenuhan RPIM dilakukan secara bertahap dan paling sedikit sebesar 30 persen pada 2024.

Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia Ita Rulina mengatakan, secara rata-rata target 20 persen pembiayaan UMKM dari bank syariah pada 2022 sudah tercapai.

“Namun, kami mengingatkan kembali agar 2024 perbankan bisa mengejar target RPIM 30 persen. Ini untuk semuanya, masih punya waktu untuk kejar,” ujarnya dalam acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) yang digagas oleh Bank Indonesia pada Kamis (6/10/2022).

Ia menekankan agar bank syariah tidak melupakan sektor UMKM dalam mengucurkan pembiayaan. “Bank syariah dulu rasio pembiayaannya banyak untuk korporasi, sekarang deal-nya harusnya ke UMKM,” ujar Ita.

Apalagi potensi UMKM cukup besar. Ada sekitar 64 juta UMKM di Indonesia yang mempunyai kontribusi 61 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. UMKM juga mampu menyerap 97 persen dari total tenaga kerja. 

Dirut Bank Mega Syariah Yuwono Waluyo mengatakan, saat ini RPIM di perusahaan hampir mencapai 20 persen. Ia optimis Bank Mega Syariah mampu mencapai target 30 persen RPIM pada 2024.

Salah produk yang digunakan Bank Mega Syariah untuk menyalurkan pembiayaan ke UMKM adalah merilis sukuk.

“Kami tetap konsisten bantu UMKM melalui banyak channel, bisa direct atau kerja sama pembiayaan,” ungkapnya. 

Direktur Bisnis BJB Syariah Koko Tjatur Rachmadi mengatakan, rasio pinjaman untuk UMKM dari BJB Syariah sudah mencapai target yakni 23 persen pada 2022. Ia juga mengaku optimis target RPIM 30 persen pada 2024 tercapai.

“Kami terus memperbesar porsi bagi UMKM, strateginya kami akan masuk ke grass root customer sesuai target market,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank syariah umkm Bank Indonesia
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top