Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Adu Strategi BRI (BBRI) dan Bank Mandiri (BMRI) Raup Tabungan Jumbo Lewat Laku Pandai

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) berpacu meningkatkan dana murah lewat agen Laku Pandai.
Fahmi Ahmad Burhan
Fahmi Ahmad Burhan - Bisnis.com 01 November 2022  |  08:21 WIB
Adu Strategi BRI (BBRI) dan Bank Mandiri (BMRI) Raup Tabungan Jumbo Lewat Laku Pandai
Warga melakukan transaksi di salah satu gerai BRILink di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (9/1/2021). Bisnis - Suselo Jati
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) berpacu meningkatkan dana murah melalui agen atau laku pandai.

Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, jumlah agen BRILink per September 2022 mencapai 597.177 titik, dengan pertumbuhan 25,66 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

"Agen BRIlink tersebut berhasil menghimpun dana murah [dari tabungan masyarakat] atau current account savings account (CASA) senilai Rp18,8 triliun," ujarnya kepada Bisnis, Senin (31/10/2022).

Sedangkan, untuk referal pinjaman melalui Agen BRILink per September 2022 mencapai 354.203 persetujuan dengan plafon Rp2,4 triliun. Laku pandai BRI juga mencatatkan 799 juta kali transaksi atau tumbuh 21,65 persen secara tahunan.

Untuk itu, perseroan gencar mengembangkan laku pandai. "BRI telah menerapkan strategi perluasan delivery channel dengan fokus terhadap kualitas Agen BRILink dengan memanfaatkan teknologi BRIsat," katanya. Dengan demikian, laku pandai BRI mampu menjangkau daerah yang belum didukung layanan provider.

BRI juga melakukan beberapa inisiatif strategis termasuk pengembangan ekosistem digital untuk meningkatkan pelayanan efektif dan efisien terutama pada nasabah mikro serta ultra mikro.

"Ke depan, Agen BRILink akan terus ditingkatkan kualitas layanannya dengan menambah fitur produk serta layanan," ungkapnya. BRI juga akan memaksimalkan kolaborasi kerja sama dengan perusahaan rintisan atau startup dalam mengembangkan laku pandai tersebut.

Begitu juga dengan Bank Mandiri. Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, hingga September 2022 jumlah Mandiri Agen mencapai lebih dari 155.000. Laku pandai Bank Mandiri itu telah melayani lebih dari 2,2 Juta nasabah dengan penghimpunan dana lebih dari Rp13,5 triliun.

Untuk semakin mengembangkan laku pandai, Bank Mandiri kemudian meluncurkan aplikasi Mandiri Agen. "Dengan begitu, Bank Mandiri dapat melakukan penetrasi lebih cepat dan lebih luas dengan menghadirkan fitur layanan yang lebih variatif," katanya.

Melalui digitalisasi itu, Mandiri Agen dapat melayani lebih banyak pelanggan dengan cara pembukaan rekening tabungan secara online di tempat, transaksi perbankan, maupun pembayaran kepada nasabah di mana saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

laku pandai OJK bank mandiri
Editor : Anggara Pernando
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top