Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Saham Bank Jago (ARTO) Sentuh ARA, Tersulut Masuknya GOTO ke Indeks LQ45 Rendah Karbon?

Saham PT Bank Jago Tbk. (ARTO) masuk ke zona hijau dengan kenaikan 24,73 persen atau menyentuh auto reject atas (ARA) pada hari ini, Jumat (11/11/2022).
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 11 November 2022  |  20:17 WIB
Saham Bank Jago (ARTO) Sentuh ARA, Tersulut Masuknya GOTO ke Indeks LQ45 Rendah Karbon?
Karyawati melayani nasabah di kantor cabang Bank Jago, Jakarta, Selasa (19/7/2022). Bisnis - Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Saham PT Bank Jago Tbk. (ARTO) masuk ke zona hijau dengan kenaikan 24,73 persen atau menyentuh auto reject atas (ARA) pada hari ini, Jumat (11/11/2022).

Berdasarkan data RTI Business, pertumbuhan tersebut membuat harga saham ARTO berada di level Rp5.675 per saham dengan kapitalisasi pasar atau market cap senilai Rp78,63 triliun.

Adapun total volume saham ARTO yang diperdagangkan pada hari ini tercatat mencapai 54,4 juta dengan nilai turnover sebesar Rp310,6 miliar.

Peningkatan tersebut disebut seiring dengan masuknya emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) ke dalam indeks baru yakni IDX LQ45 Low Carbon Leader. GOTO merupakan salah satu pemegang saham ARTO dengan kepemilikan sebesar 21,4 persen.

IDX LQ45 Low Carbon Leaders adalah indeks yang bertujuan mengurangi eksposur intensitas emisi karbon atas portofolio sebesar minimal 50 persen dibandingkan dengan Indeks LQ45 sebagai parent index.

Penentuan tersebut dilakukan setelah penyesuaian bobot per sektor sesuai dengan intensitas karbon dan mengecualikan perusahaan di industri batu bara sesuai dengan klasifikasi IDX-IC.

Berdasarkan pengumuman BEI, penghitungan IDX LQ45 Low Carbon Leaders menggunakan metode capped adjusted free float market capitalization weighted dengan menerapkan pembatasan bobot saham paling tinggi 15 persen yang disesuaikan saat evaluasi.

Sementara itu, saham GOTO ditutup di zona hijau dengan peningkatan sebesar 11,70 persen menuju Rp210 per unit pada perdagangan hari ini.

Total volume saham GOTO yang diperdagangkan hari ini mencapai 2,1 miliar dengan nilai turnover sebesar Rp422,7 miliar.

Adapun indeks harga saham gabungan atau IHSG pada akhir pekan ini bertengger di posisi 7.089,2 atau naik 1,75 persen dari angka penutupan kemarin yang berada di level 7.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Goto GoTo Gojek Tokopedia ARTO bank jago
Editor : Anggara Pernando
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top