Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Neo Commerce (BBYB) Kantongi Rp1,7 Triliun dari Rights Isuse, Modal Inti Capai Rp3 Triliun

Bank Neo Commerce (BBYB) memastikan memiliki modal inti Rp3 triliun setelah meraih dana segar Rp1,7 triliun melalui aksi rights issue.
Karyawan melayani nasabah di Digital Lounge PT Bank Neo Commerce Tbk. (BBYB) di Jakarta, Selasa (27/9/2022). /Bisnis-Suselo Jati
Karyawan melayani nasabah di Digital Lounge PT Bank Neo Commerce Tbk. (BBYB) di Jakarta, Selasa (27/9/2022). /Bisnis-Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Neo Commerce Tbk. (BBYB) telah memenuhi aturan modal inti minimum Rp3 triliun pada 2022. Hal ini diraih setelah aksi penambahan modal melalui skema rights issue perseroan mengalami kelebihan permintaan atau oversubscribed.

Kelebihan permintaan tersebut terjadi untuk ketiga kali berturut-turut, setelah pelaksanaan rights issue pada Juni 2021 dan Desember 2021. Dalam aksi korporasi kali ini, perseroan menawarkan 2,61 miliar saham baru dengan harga pelaksanaan Rp650 per saham.

Aksi korporasi itu membuat perseroan meraih dana segar dari rights issue sebesar Rp1,7 triliun, dan memosisikan modal inti dari emiten berkode saham BBYB ini sudah melebihi Rp3 triliun. Pada kuartal III/2022, ekuitas perseroan tercatat sebesar Rp2,25 triliun.

Head of Secretary Bank Neo Commerce atau BNC Agnes F. Triliana mengatakan kelebihan permintaan ini mencerminkan tingginya animo investor terhadap perseroan. Dia juga menilai hal tersebut menunjukkan masyarakat semakin percaya terhadap kinerja BBYB.

“Gelaran right issue yang baru saja BNC lakukan berjalan dengan lancar dan mendapatkan antusiasme yang besar dari pasar,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (7/12/2022).

Selama periode perdagangan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) pada 23–30 November 2022 dan pemesanan akhir saham tambahan, tercatat HMETD terserap habis dan oversubscribed mencapai 1,16 miliar lembar saham atau setara dengan Rp756 miliar.

Adapun setelah pelaksanaan rights issue, proporsi kepemilikan saham Bank Neo Commerce masih digenggam oleh Akulaku Silvrr Indonesia sebesar 25,66 persen saham, diikuti Gozco Capital sebesar 12,4 persen saham, dan Rockcore Financial 6,12 persen.

Agnes menyampaikan seluruh dana yang diperoleh dari PMHMETD VI akan digunakan perseroan untuk memperkuat modal inti, sekaligus sebagai modal kerja pengembangan usaha.

Selain itu, lanjutnya, momentum tersebut diklaim akan memacu perseroan untuk memberikan pengalaman baru perbankan digital secara inovatif. Hal ini juga diharapkan mampu menjawab permasalahan yang dihadapi masyarakat.

“Dukungan konsisten yang BNC terima dari berbagai stakeholders dalam beberapa tahun terakhir membuat BNC tumbuh cepat dengan menghasilkan berbagai kinerja positif yang diapresiasi pasar,” kata Agnes.

Pada penutupan perdagangan hari ini, Rabu (7/12/2022), saham BBYB terkoreksi 4,20 persen menuju level Rp685 per saham. Sementara itu, sepanjang tahun berjalan atau year-to-date, saham perseroan merosot 68,86 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper