Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pentingkah Memiliki Asuransi Kesehatan?

Ada sejumlah hal yang patut dipertimbangkan sebelum memiliki asuransi kesehatan. 
Ilustrasi/thisisaustralia.com
Ilustrasi/thisisaustralia.com

Bisnis.com, JAKARTA — Pandemi Covid-19 telah meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa kondisi medis sukar diprediksi. Dalam kondisi tertentu, faktor kesehatan dapat membuat pergolakan ekonomi yang sulit ditangani. 

Sebagaimana dipahami, biaya pengobatan dan fasilitas kesehatan yang baik tidak murah. Oleh karena itu perlindungan tambahan diperlukan untuk mengantisipasi kejadian tidak terduga. Selain itu, rencana asuransi kesehatan sangat berguna untuk mengalahkan inflasi perawatan medis.

Selain itu ada sejumlah hal yang patut dipertimbangkan untuk memiliki asuransi kesehatan

Daftar Lima Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan

1. Melawan Penyakit Akibat Gaya Hidup

Penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup tengah meningkat, terutama kalangan di bawah 45 tahun. Penyakit seperti diabetes, obesitas, masalah pernapasan, penyakit jantung, yang semuanya lazim di kalangan generasi tua, kini juga merajalela di kalangan orang muda.

Beberapa faktor yang berkontribusi menyebabkan penyakit ini antara lain gaya hidup, stres, polusi, kebiasaan makan yang tidak sehat, kecanduan gadget, dan kehidupan yang tidak disiplin.

Memilih untuk berinvestasi dalam rencana kesehatan yang mencakup tes medis reguler dapat membantu mendeteksi penyakit ini lebih awal dan mempermudah untuk mengurus biaya pengobatan.

2. Melindungi Keluarga

Saat mencari paket asuransi kesehatan yang ideal, Anda dapat memilih untuk mengamankan seluruh keluarga Anda di bawah polis yang sama dibandingkan dengan membeli polis terpisah.

Pertimbangkan orang tua Anda yang sudah lanjut usia, yang cenderung rentan terhadap penyakit, serta anak-anak yang menjadi tanggungan.

Dalam memiliki proteksi kesehatan untuk keluarga, teliti secara menyeluruh dan bicara dengan para ahli untuk memilih polis. 

3. Mengatasi Perlindungan Asuransi yang Tidak Memadai

Sebagian besar pekerja kemungkinan telah memiliki asuransi yang diberikan oleh perusahaan. Akan tetapi Anda juga perlu memeriksa dengan tepat terkait perlindungannya dan berapa banyak cakupan yang ditawarkan.

Ketika polis Anda saat ini tidak memberikan pertanggungan terhadap kemungkinan ancaman seperti penyakit yang diturunkan dalam keluarga itu bisa terbukti tidak mencukupi pada saat dibutuhkan.

4. Mengatasi Inflasi Medis

Ketika teknologi medis meningkat dan kompleksitas penyakit naik, biaya pengobatan pun ikut melesat. Dalam hal itu, biaya konsultasi dokter, tes diagnosis, biaya ambulan, biaya ruang operasi, obat-obatan, sewa kamar juga terus meningkat. Semua ini dapat membebani keuangan Anda jika Anda tidak cukup siap.

Dengan membayar premi asuransi kesehatan setiap tahun, Anda dapat mengalahkan beban inflasi medis sambil memilih perawatan berkualitas, tanpa mengkhawatirkan biayanya.

5. Melindungi Tabungan

Dengan membeli polis asuransi kesehatan yang sesuai, Anda dapat mengelola pengeluaran medis dengan lebih baik tanpa menghabiskan tabungan. Beberapa penyedia asuransi menawarkan perawatan tanpa uang tunai, jadi Anda juga tidak perlu khawatir tentang penggantian biaya. Tabungan dapat digunakan untuk rencana lain, seperti membeli rumah, pendidikan anak, dan pensiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper