Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mbanking BCA Eror, Ini Layanan Alternatif Nasabah Untuk Transaksi

Manajemen BCA (BBCA) memberikan alternatif transaksi saat Mbanking BCA eror atau mengalami gangguan.
Karyawan beraktivitas di salah satu kantor cabang BCA di Jakarta, Selasa (21/12/2021). /Bisnis-Eusebio Chrysnamurti
Karyawan beraktivitas di salah satu kantor cabang BCA di Jakarta, Selasa (21/12/2021). /Bisnis-Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Layanan Mbanking BCA eror terpantau eror atau mengalami gangguan sejak pukul 14.30 WIB hari ini, Senin (27/2/2023) hingga berita ini diturunkan. 

Pihak manajemen PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) belum menjelaskan penyebab mobile banking yang menjadi satu andalan nasabah bertransaksi tersebut mengalami gangguan. 

EVP Corporate Communication & Social Responsibility Hera F. Haryn mengatakan perseroan memohon maaf kepada nasabah atas kendala yang dialami dalam mengakses layanan Mbanking BCA itu. "Saat ini, kami sedang berusaha semaksimal mungkin dalam melakukan perbaikan agar BCA Mobile bisa beroperasi dengan kembali," katanya kepada Bisnis pada Senin (27/2/2023).

Dia mengatakan meskipun layanan Mbanking tak bisa diakses, saat ini nasabah tetap dapat melakukan transaksi melalui layanan lainnya, seperti KlikBCA Individu, ATM BCA, dan electronic data capture (EDC).

1. KlikBCA Individu

Sama seperti Mbanking, layanan KlikBCA juga merupakan layanan digital dari BCA. Namun, layanan tersebut sifatnya internet banking, bukan mobile banking.

Nasabah bisa memakai layanan tersebut untuk bertransaksi tanpa langsung ke bank seperti untuk cek jumlah saldo, transfer, atau pembayaran tagihan.

Untuk mendapatkan layanan tersebut, nasabah BCA perlu mendaftarkan diri. Setelah mendaftar, nasabah bisa mengakses layanan KlikBCA di komputer atau handphone dengan mengakses https://ibank.klikbca.com atau https://m.klikbca.com. Kemudian, nasabah diminta untuk mengisi user ID dan PIN untuk mengakses layanan.

2. ATM BCA

Layanan anjungan tunai mandiri (ATM) bisa diakses oleh nasabah di banyak tempat. Nasabah bisa bertransaksi BCA, seperti setor tunai, tarik tunai, transfer, hingga pembayaran tagihan.

2. Mesin EDC BCA

Mesin ini merupakan perangkat perbankan elektronik dari BCA, untuk dipakai bertransaksi atau pembayaran menggunakan berbagai jenis kartu. Fasilitas mesin ini terdapat di berbagai merchant.

Layanan tersebut bisa dipakai oleh nasabah BCA sebagai alternatif, karena saat ini layanan Mbanking tak bisa diakses. Salah satu pengguna layanan Mbanking BCA, Siti Umaiyah mengatakan pada pagi hari hingga pukul 10.00 WIB, layanan Mbanking masih bisa digunakan. Kemudian, saat dirinya mencoba mengakses layanan tersebut, platform tak bisa diakses sama sekali.

"Tadi pagi masih bisa. Sekarang sudah tidak bisa," katanya kepada Bisnis pada Senin (27/2/2023).

Kemudian, dalam tampilan layar ponselnya saat mengakses Mbanking BCA muncul tulisan demikian: "Untuk meningkatkan layanan, sedang dilakukan pemeliharaan sistem di BCA mobile sehingga tidak dapat diakses sementara waktu".

Sejumlah warganet di Twitter pun mengeluhkan hal serupa. "Ini kenapa ga bisa buka mbanking BCA? Ada yg sama ga?" tanya pengguna Twitter dengan nama akun @dedrabacon.

Pengguna Twitter dengan nama akun @askbjkg pun kebingungan dengan tidak bisa diaksesnya layanan Mbanking. "Mbanking bca error kah? @HaloBCA," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper