PNM Mekaar Penuh Inspiratif Sejahtera karena Berani Memulai

Melalui program Mekaar, PT PNM tidak hanya menyediakan modal finansial melainkan juga modal intelektual dan sosial bagi ibu-ibu.
Foto: PNM Mekaar Penuh Inspiratif ‘Sejahtera karena Berani Memulai’
Foto: PNM Mekaar Penuh Inspiratif ‘Sejahtera karena Berani Memulai’

Bisnis.com, JAKARTA - Kehadiran Mekaar sebagai perpanjangan tangan pemerintah telah memberikan layanan kepada para perempuan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), baik yang ingin memulai usaha maupun mengembangkan usaha. Melalui program Mekaar, PT PNM tidak hanya menyediakan modal finansial melainkan juga modal intelektual dan sosial bagi ibu-ibu.

Modal intelektual berupa pembinaan usaha PT PNM untuk ibu-ibu agar bidang usaha yang dijalankan semakin berkembang. Modal sosial berupa jejaring komunitas yang terjalin di antara pelaku usaha.

Jujur, Disiplin, dan Kerja Keras, bukan sekedar nilai dari Mekaar, tetapi sudah menjadi budaya yang tercermin kepada ibu-ibu Nasabah Mekaar. Tidak terbatas pada peran para nasabah yang rata-rata sudah menjadi ibu rumah tangga. Para nasabah tetap gigih demi meningkatkan kesejahteraan keluarganya. Peningkatan kesejahteraan yang signifikan tentu dirasakan para nasabah.

Tidak heran permodalan dan pemberdayaan ultra mikro ini turut menjadi prioritas pemerintah. Kerja keras dan keberanian ibu-ibu keluarga pra sejahtera ini bahkan telah menginspirasi para istri-istri prajurit TNI.

Istri prajurit yang bercita-cita sebagai wiraswasta rupanya kian meningkat, dengan menyadari bisnis secara mandiri bukan hal yang mudah, sehingga banyak dari mereka yang memulai perjalanan bisnis dari langkah terkecil yakni dengan membuka usaha sendiri di rumah. 

Hal ini disaksikan langsung oleh Ny. Dara Ulung Purwodanta, seorang putri yang besar dari keluarga TNI. Sebagai seorang wanita sekaligus istri di dalam keluarga TNI, Ny. Dara Ulung Purwodanta paham betul akan kehadiran istri-istri TNI yang berani merintis usaha baru.

Tantangan yang tidak mudah juga kerap Ia saksikan. Merintis produk dari awal, mengalami kerugian, kegagalan produk jadi, dan lain-lain. Tetapi kegigihan para ibu-ibu Mekaarlah yang kembali mendorong semangat dan keberanian mereka.

Salah satunya Ny. Anggraini Kusumawati, seorang istri prajurit TNI yang mampu membangun bisnis karena berani memulai. “Awalnya terinspirasi dari pengusaha sukses di media sosial sehingga berani memulai untuk berbisnis. Biasanya dari kita ada yang usaha dari rumah atau menjadikan bisnis sebagai pekerjaan sampingan,” ucap Anggraini.

“Dengan adanya dukungan dari pemerintah melalui program Mekaar, ibu-ibu terutama istri prajurit semakin terbuka peluangnya untuk membuka usaha dari rumah. Dalam mendukung tugas suami, peran istri sangatlah penting terutama bagi keluarga. Maka sebagai istri prajurit dengan memulai usaha dari rumah akan mendapatkan penghasilan tambahan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga,” sambung dia.

Sedikit tips, selain keberanian, bagaimana cara membuka usaha sendiri di rumah sampai sukses? Salah satu kunci penting dalam membangun bisnis adalah perencanaan. Walaupun membuka usaha kecil dari rumah, jangan pernah mengabaikan perencanaan dan persiapan. Bisnis tanpa persiapan matang tidak mampu bertahan lama karena tidak ada rencana dan tujuan yang ingin dicapai selama prosesnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper