Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Victoria (BVIC) Mulai Manfaatkan Big Data untuk Deteksi Penipuan

PT Bank Victoria International Tbk. (BVIC) mulai memanfaatkan big data dalam mendeteksi penipuan menggunakan sistem deteksi penipuan.
Bank Victoria (BVIC) Mulai Manfaatkan Big Data untuk Deteksi Penipuan /victoriabank.co.id
Bank Victoria (BVIC) Mulai Manfaatkan Big Data untuk Deteksi Penipuan /victoriabank.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Victoria International Tbk. (BVIC) mulai memanfaatkan big data dalam mendeteksi penipuan.

Saat ini, emiten bank berkode BVIC sudah menggunakan solusi FDS untuk mencegah terjadinya upaya penipuan dan penyelewengan yang sejalan dengan peraturan OJK Nomor 39/POJK.03/2019 mengenai penerapan strategi anti-fraud. 

Chief of Change Management Office Bank Victoria International Muhammad Rakhmadhani mengatakan bahwa pengembangan digitalisasi perbankan dilakukan demi peningkatan produk dan layanan untuk bisa bersaing di pasar. 

Salah satu strateginya adalah dengan membuka API di luar layanan bank konvensional, sehingga banyak transaksi yang terjadi di beberapa platform digital yaitu e-commerce dan layanan lain. 

"Ini menjadi tantangan untuk Bank Victoria dalam melakukan analisa prediktif ataupun preventif dalam menemukan fraudulent activities yang bisa terjadi kapan pun. Dengan Paques Fraud Detection System kami dapat menganalisa semua transaksi dengan cepat dan mudah dan mampu memenuhi regulasi penerapan strategi anti-fraud," jelasnya dalam keterangan pers, Rabu (15/3/2023). 

Paques, perusahaan penyedia solusi big data analitik buatan Indonesia, telah meluncurkan Paques Fraud Detection System (FDS). Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dari solusi anti-fraud adalah kemampuan mengolah data dan informasi dari banyak transaksi. 

Tidak hanya mampu mengolah data transaksi yang masif, solusi Paques FDS ini memiliki kemampuan terus beradaptasi terhadap pola ancaman penipuan yang kerap berubah dalam mencari target baru. 

"Sehingga, dengan solusi yang dibangun di atas platform big data ini, menjadi salah satu kekuatan Paques FDS dalam mengantisipasi dinamika kebutuhan customers yang terus berkembang,” kata CEO dan Product Creator Paques Benni Adham. 

Paques merupakan solusi data lake dan analitik terdepan di industri Big Data Indonesia. Paques memiliki kemampuan mengolah data dalam jumlah besar, baik yang tidak terstruktur dan terstruktur, dalam waktu yang sangat singkat. Sebagai produk buatan anak bangsa, Paques dirancang sebagai platform terbuka yang memungkinkan sistem untuk berinteraksi dengan lancar dengan platform big data terbaik lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper