Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dapat Porsi KUR Rp2,8 Triliun pada 2023, Bank DKI Bidik Gen-Z

Bank DKI membidik generasi Z atau Gen-Z untuk menyalurkan KUR sebesar Rp2,8 triliun pada 2023.
Nasabah melakukan transaksi di salah satu kantor cabang Bank DKI di Jakarta, Rabu (14/8/2019). Bisnis/Nurul Hidayat
Nasabah melakukan transaksi di salah satu kantor cabang Bank DKI di Jakarta, Rabu (14/8/2019). Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Bank DKI mendapatkan porsi kredit usaha rakyat atau KUR sebesar Rp2,8 Triliun pada 2023. Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy mengatakan pihaknya tidak hanya berkomitmen untuk meningkatkan akses pembiayaan, melainkan mendorong pemberdayaan dan pendampingan bagi UMKM. Termasuk kalangan generasi Z atau Gen-Z.

"Tahun ini, Bank DKI mendapat porsi KUR Rp2,8 triliun. Alokasi KUR konvensional sebesar Rp2 triliun dan KUR syariah sebesar Rp800 miliar," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (22/3/2023).

Untuk menggaet nasabah yang lebih luas, Bank DKI berkolaborasi bersama Kemenko Perekonomian RI menggelar kegiatan KUR Festival bertajuk ”Super Gen Creation: Anak Muda Sejahtera Bersama KUR!” di Gedung Sate, Bandung.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Kementerian Koordinator (Sesmenko) Bidang Perekonomian Republik Indonesia Susiwijono Moegiarso.

Direktur Kepatuhan Bank DKI Ateng Rivai mengatakan partisipasi Bank DKI dalam acara ini merupakan komitmen dalam mendorong pemberdayaan UMKM, khususnya Gen-Z.

"Partisipasi Bank DKI membuka ruang kepada para pelaku UMKM, khususnya gen-Z dalam rentang usia 18-25 tahun yang tertarik pada informasi akses pembiayaan KUR," ungkapnya.

Sebagai informasi, Bank DKI mencatatkan penyaluran KUR pada tahun 2022 mencapai sebesar 100 persen dari kuota atau sebesar Rp1,15 Triliun kepada kurang lebih 6.023 pelaku usaha UMK dan Mikro.

Pemerintah melalui Komite Kebijakan Pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terus berupaya untuk menghasilkan kontribusi pertumbuhan ekonomi yang optimal.

Hal ini selaras dengan momentum bonus demografi yang saat ini dialami Indonesia sampai dengan tahun 2030. Untuk mencapai target penyaluran KUR pada tahun 2023 yang ditingkatkan menjadi Rp450 triliun, pemerintah terus memperkuat sinergi dan dukungan dari berbagai pihak, baik Pemerintah Daerah,Pelaku UMKM, Penyalur KUR, Penjamin KUR, Asosiasi, Akademisi maupun BPJS Ketenagakerjaan, salah satunya melalui kegiatan KUR Festival ini.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara KUR Festival 2023 dan antusias masyarakat Bandung dan sekitarnya atas informasi KUR yang disampaikan oleh Bank DKI.

”Bank DKI juga menyediakan e-form dan aplikasi digital lending sebagai bagian proses digitalisasi dalam rangka memaksimalkan proses kredit dan pembiayaan bagi nasabah muda," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper