Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deutsche Bank Siap Tebus Obligasi Rp22,5 Triliun, Sahamnya Malah Anjlok

Saham Deutsche Bank (DBKGn.DE) anjlok karena investor masih khawatir terhadap stabilitas perbankan global.
Kantor Deutsche Bank di London. Saham Deutsche Bank (DBKGn.DE) anjlok karena investor masih khawatir terhadap stabilitas perbankan global. /Reuters-Luke MacGregor
Kantor Deutsche Bank di London. Saham Deutsche Bank (DBKGn.DE) anjlok karena investor masih khawatir terhadap stabilitas perbankan global. /Reuters-Luke MacGregor

Bisnis.com, JAKARTA - Saham Deutsche Bank (DBKGn.DE) anjlok pada hari Jumat (24/3/2023) di tengah rencana perusahaan menebus kembali obligasi senilai US$1,5 miliar atau setara Rp22,5 triliun (estimasi kurs Rp15.000 per dolar AS). Investor masih khawatir terhadap stabilitas perbankan.

Mengutip Reuters, saham DB anjlok setelah biaya asuransi utang bank terhadap risiko gagal bayar melonjak ke level tertinggi dalam empat tahun terakhir, yang menyoroti kekhawatiran para investor mengenai stabilitas bank-bank di Eropa.

Sektor perbankan di kawasan ini telah mengalami perjalanan yang sulit dalam seminggu terakhir, dengan penyelamatan Credit Suisse yang didukung oleh pemerintah dan gejolak di antara bank-bank regional AS yang memicu kekhawatiran tentang kesehatan sektor perbankan global.

Saham Deutsche, yang telah kehilangan lebih dari seperlima nilainya sepanjang bulan ini, turun sebanyak 14,9 persen pada hari Jumat ke level terendah dalam lima bulan terakhir. Saham terakhir turun 13 persen pada 8,13 euro (US$9,16).

Bank terbesar di Jerman ini telah kehilangan US$3 miliar dari nilai pasarnya hanya dalam waktu satu minggu.

Credit default swap (CDS) Deutsche Bank - sebuah bentuk asuransi untuk pemegang obligasi - melonjak di atas 220 basis poin (bps) - tertinggi sejak akhir 2018 - dari 142 bps hanya dua hari yang lalu, berdasarkan data dari S&P Market Intelligence.

Pada hari Kamis, Deutsche CDS mengalami kenaikan terbesar dalam satu hari, berdasarkan data Refinitiv. Namun, angka ini masih jauh di bawah level tertinggi mendekati 300 bps yang tercatat selama krisis utang zona euro pada tahun 2011.

CDS untuk bank-bank besar Eropa naik secara keseluruhan pada hari Jumat, mencerminkan keengganan investor untuk mengambil risiko pada portofolio mereka memasuki akhir pekan.

"Deutsche Bank telah menjadi sorotan untuk sementara waktu sekarang, dengan cara yang sama seperti Credit Suisse," kata Stuart Cole, kepala ekonom makro di Equiti Capital.

Menurutnya, bank ini telah melalui berbagai restrukturisasi dan pergantian kepemimpinan dalam upaya untuk mengembalikannya ke pijakan yang kokoh. Namun, sejauh ini tidak ada satu pun dari upaya-upaya ini yang tampaknya benar-benar berhasil.

Deutsche Bank menolak berkomentar ketika dihubungi oleh Reuters. Regulator industri keuangan Jerman, BaFin, tidak memberikan komentar.

Sementara itu, beberapa obligasi Deutsche Bank juga terjual. Obligasi dolar Tier-1 tambahan 7,5 persen turun hampir 6 sen menjadi 70,054 sen per dolar, mendorong imbal hasil hingga 27 persen. Imbal hasil tersebut hampir tiga kali lipat dari dua minggu yang lalu, berdasarkan data Tradeweb.

Terlepas dari gejolak yang terjadi, para pengamat pasar menyoroti bahwa regulator dan bank sentral Eropa telah menegaskan kembali niat mereka untuk menjaga pasar tetap stabil, dan bahwa bank-bank itu sendiri memiliki permodalan dan regulasi yang lebih kuat dibandingkan pada tahun 2007 sebelum krisis keuangan global.

"Kami tidak memiliki kekhawatiran mengenai kelangsungan hidup atau nilai aset Deutsche. Untuk lebih jelasnya - Deutsche bukan Credit Suisse berikutnya," sebuah laporan dari Autonomous, sebuah peneliti independen, mengatakan.

"Dilihat dari pergerakan CDS, AT1, dan harga saham Deutsche, para investor mengkhawatirkan kesehatan bank ini. Kami relatif santai mengingat posisi modal dan likuiditas Deutsche yang kuat," katanya.

AT1 yang diterbitkan oleh bank-bank telah berada di bawah tekanan sejak Credit Suisse dipaksa untuk menghapus AT1 senilai US$17 miliar sebagai bagian dari pengambilalihan paksa oleh UBS (UBSG.S) pada akhir pekan lalu.

"Dampak dari penghapusan obligasi AT1 dalam penyelamatan CS telah menimbulkan pertanyaan tentang bagian penting dari pendanaan bank, yang membuat masalah yang dihadapi DB menjadi lebih sulit untuk diatasi," ujar Cole.

Indeks STOXX 600 dari bank-bank Eropa - yang tidak termasuk saham Credit Suisse atau UBS - telah mengalami salah satu minggu perdagangan yang paling tidak stabil dalam satu tahun. Indeks ini terakhir turun 5,1 persen, menuju penurunan bulanan hampir 20 persen.

Secara terpisah, Deutsche Bank mengatakan akan menebus US$1,5 miliar dalam satu set surat utang tingkat 2 yang akan jatuh tempo pada tahun 2028. Bank ini telah menerbitkan surat utang baru yang serupa di bulan Februari, yang dirancang untuk menggantikan surat utang yang sekarang akan ditebus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper